PT. ADT Di Demo Warga, Ini Tuntutannya

Editor: Admin author photo
Warga Saat hering bersama pihak PT. ADT di Taliabu.
Taliabu- Gabungan masyarakat dan Mahasiswa di tiga desa, kecamatan Lede, yakni desa lede, langganu dan lede kabupaten pulau Taliabu menggelar aksi di port Tolong PT. Adidaya Tangguh (ADT).Selasa. (28/6/2020)

Nurmiadin koordinator lapangan mengatakan aksinya tersebut akibat jalan umum di daerah lingkar tambang Kecamatan Lede yang rusak dan luput dari perhatian PT. ADT selaku korporasi yang bercokol di kabupaten Pulau Taliabu.

"Ada juga tidak trasnparansi dana CSR dan AMDAL yang menjadi dokumen publik namun tertutup," ungkap Nurmiadin.

Lanjutnya mengatakan PT. ADT harus secepatnya untuk memperbaiki jalan di wilayah areal perusahaan tersebut. Sebab jalan tersebut adalah akses utama yang di gunakan masyarakat di Kecamatan Lede.

"Kecamatan Lede adalah wilayah ring 1 areal pertambangan PT.ADT, semestinya kesejahteraan masyarakat di areal tersebut adalah tanggungjawab pihak perusahaan, terlebih untuk jalan yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Sehingga kami menuntut hak kami agar secepatnya jalan yang rusak tersebut segera di perbaiki," pintanya.

Hal yang sama juga di sampaikan orator lainnya, kasmudin Latif bahwa persoalan Jalan kecamatan lede adalah tanggung jawab dari pihak perusahaan untuj di perbaiki makanala terjadi kerusakan.

"Dari informasi yang kami himpun bahwa semestinya jalan di wilayah areal tambang seharusnya beton, karena lalu lalang alat berat milik perusahaan akan melewati jalan tersebut, akan tetapi selama ini pihak perusahaan hanya menyediakan material lumpur yang bilamana terjadi hujan maka jalan tersebut kembali rusak. sehingga kami mendesak agar segera dan secepatnya pihak perusahaan memperbaiki jalan ini dengan kualitas yang sebaik-baiknya," pintanya lagi.

Menanggapi tuntutan masa aksi, Ahmadi Nurali selaku head of production Division/Manajement PT.ADT  mengatakan bahwa mulai besok perbaikan jalan akan dilakukan.

"Sebentar sore ini alat berat sudah kami turunkan dan rabu 28/7/2020 besok perbaikan jalan sudah di lakukan, akan tetapi untuk tuntutan lainnya kami akan berkoordinasi dulu dengan direktur di pusat, yang jelas tuntutan masa aksi akan kami tindak lanjuti," terangnya.

"Jika saya berbohong maka ludahi muka saya dan diri saya menjadi jaminan," tantang Ahmadi.

Ahmadi juga bahkan memastikan memastikan untuk kualitas jalannya nanti pasti terjaga.

"kami akan ambil material dari Blok 1, jadi nanti di perbaikannya besok di mulai dari sebelah jalan besar sampai ke ujung jalan perkampungan di lede," pungkasnya.

Untuk diketahui masa aksi membuat kesepakatan bersama perusahaan yang di tandatangani di atas materai 6.000. (Ari).
Share:
Komentar

Berita Terkini