Tim Saber Pungli Kunjungi Halbar, Ada Apa?

Editor: Admin author photo
Kombes (Pol) Sutoyo selaku Sekretaris Saber Pungli Malut.
JAILOLO - Kunjungan Sekretaris Tim Saber Pungli provinsi Maluku Utara melakukan  rapat kerja (raker) di kabupaten Halmahera Barat, untuk Peningkatakan kapasitas dan tanggung jawab dalam memberantas pungutan liar (Pungli) di halbar.

Raker tersebut berlangsung di ruang setda halbar, dan dihadiri oleh Asisten I dan Asisten II setda Halmahera Barat.

Menurut keterangan Kombes (Pol) Sutoyo selaku Sekretaris Saber Pungli Malut, selama enam bulan di sepanjang tahun 2020 ini Halbar belum melakukan kegiatan penindakan karena belum ditemukan pungli. Akan tetapi kegiatan pencegahan yang dilakukan oleh Kabupaten Halbar cukup banyak bahkan melebihi target.

"Dalam sehari pencegahan yang dilakukan sebanyak lima kali, itu ada dalam bentuk himbauan dan sosialisasi. Jadi bisa dibayangkan dalam sebulan ada sekitar 150 kegiatan pencegahan,"ungkap Sutoyo kepada awak media, Selasa (28/07).

Ia juga menjelaskan dalam perjalanannya, Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polda Maluku Utara selalu aktif melaporkan kinerja kepada pemerintah pusat.

Tim Saber Pungli Halbar sendiri memiliki empat Pokja (Pokok Kerja) yang siap menangani jika ada tindakan pungli. Antara lain pokja pencegahan, inteligen, penindakan, dan yustisi atau pertimbangan.

Sutoyo juga menambahkan, bahwa setiap laporan kasus yang disampaikan kepada tim Saber Pungli akan dikaji terlebih dahulu dan tidak serta merta  seluruhnya dikategorikan sebagai tindak pidana.

"Setelah ada bukti cukup kami akan tindak dan dikaji oleh tim yustisi. Jika kasusnya mengarah ke tindak pidana akan diteruskan ke reskrim. Jika kasusnya ini diarahkan internal akan diserahkan ke institusi masing-masing dan dilakukan tindakan disiplin," Pungkas Sekretaris Saber Pungli Maluku Utara. (zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini