BPS Berikan Piagam Penghargaan Ke Bupati Halteng

Editor: Admin author photo
Kepala BPS Iwan Fajar berikan Piagam Penghargaan kepada Bupati Halteng Drs Edi Langkara SH,MH didampingi Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani
WEDA-Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) atas capaian response rate sensus penduduk online yang melebihi target.

Kepala BPS Halteng Iwan Fajar menyatakan Halteng target dari BPS pusat hanya berkisar 6 persen. Karenanya, di Halteng sendiri belum semua wilayah terjangkau sinyal internet 4G.

Kendati demikian, untuk capaian response rate sensus penduduk online di Halteng bisa berkisar 6,5% dengan capaian tertinggi di Kecamatan Kota Weda sebanyak 2,7 ribu jiwa, ungkap Kepala BPS Halteng Iwan Fajar kepada wartawan media ini melalui via WhatsApp, Senin (17/08/2020).

Iwan menambahkan jumlah keluarga dan penduduk yang mengisi sensus penduduk online terhitung pada tanggal 15 Februari sampai 29 Mei meliputi 10 Kecamatan di Kabupaten Halmahera Tengah diantaranya, yakni;
  1. Kecamatan Patani jumlah keluarga respon 27 sedangkan jumlah penduduk respon 102
  2. Kecamatan Patani Barat jumlah keluarga respon 19 sedangkan jumlah penduduk respon 93
  3. Kecamatan Patani Timur jumlah keluarga respon 10 sedangkan jumpa penduduk respon 65
  4. Kecamatan Patani Utara jumlah keluarga respon 29 sedangkan jumlah penduduk respon 138
  5. Kecamatan Pulau Gebe jumlah keluarga respon 24 sedangkan jumlah penduduk respon 100
  6. Kecamatan Weda jumlah keluarga respon 626 sedangkan jumlah penduduk respon 2.702
  7. Kecamatan Weda Selatan jumlah keluarga respon 32 sedangkan jumlah penduduk respon 140
  8. Kecamatan Weda Tengah jumlah keluarga respon 27 sedangkan jumlah penduduk respon 112
  9. Kecamatan Weda Utara jumlah keluarga respon 7 sedangkan jumlah penduduk respon 32
  10. Kecamatan Weda Timur jumlah keluarga respon 15 sedangkan jumlah penduduk respon 74.
"Jadi jumlah secara keseluruhan keluarga respon yang mengisi sensus penduduk online berkisar 816 sedangkan jumlah penduduk respon yaitu 3.558,” papar Iwan.

Pada Iwan Fajar juga berterima kasih kepada masyarakat Halteng yang sudah berpartisipasi pada sensus penduduk online.

“ Bagi yang belum akan dilakukan sensus penduduk secara offline pada bulan September 2020. Untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, petugas sensus akan membagikan kuesioner kepada masyarakat,” terangnya.

Sambung Iwan, pihaknya juga berharap agar masyarakat bisa mengisi kuesioner tersebut secara mandiri. Setelah terisi, petugas sensus akan mengambil kuesioner tersebut.

“ Bagi masyarakat yang tidak memiliki kemampuan untuk mengisi kuesioner, akan dibantu oleh petugas sensus dan Ketua Satuan Lingkungan Setempat (RT/RW/Dusun),” tutupnya (dir/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini