Deklarasi Zaman Bikin Geger

Editor: Admin author photo
Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Halbar
Ahmad Zakir Mando dan Pendeta Alpinus K. Pay 
JAILOLO-Kota Jailolo, ibukota Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), lumpuh total. Belasan ribu massa tumplek ke jalan. Massa meneriakkan yel-yel "Hidup Zaman".

Diketahui, Zaman adalah sapaan akrab Wakil Bupati Halbar, Ahmad Zakir Mando, S.Sos. Dia turut mewarnai bursa bakal calon Bupati Halbar. Zaman berpasangan dengan Pendeta Alpinus K. Pay, S,Th. Keduanya merupakan tokoh sentra di sana. Zaman dan Pendeta Pay dikenal sebagai tokoh masyarakat Halbar yang paling dihormati.

Untuk itu, tak boleh heran bila kedatangan Zaman disambut meriah oleh warga Halbar. Di sepanjang dermaga pelabuhan Jailolo digelar red carpet. Zaman tiba dengan pesawat Batik Air sekitar pukul 09.00 Wit, di bandara Sultan Baabulah, Ternate. 

Tak seperti bakal calon kepala daerah lainnya yang biasanya didampingi para bodyguard. Zaman melenggang dari Jakarta ke Ternate sendirian tanpa pengawalan. "Saya hanya takut kepada Yang Maha Kuasa," kata Zaman kepada Nusantara Timur, Senin (31/8).

Dari bandara Baabulah Zaman langsung menuju pelabuhan Dufa-Dufa Ternate. Rupanya, ratusan armada air berupa speed boat telah menantinya di sana. Ratusan kendaraan air cepat itu lantas mengiringi seorang Zaman menuju Kota Jailolo, Halbar.

Sesampainya di pelabuhan utama di Kota Jailolo, belasan ribu massa tampak bersuka cita. Tak sedikit yang menitikkan air mata kebahagiaan dalam prosesi penjemputan Zaman, termasuk pasangannya Pendeta Pay. Bahkan, banyak yang nyemplung ke air di dermaga gegara berebut berjabat tangan dan memeluk Zaman.

Dari situ, Zaman lantas menuju sebuah lapangan savana di sana. Di lapangan luas nan hijau itu, Zaman berpidato di hadapan belasan ribu massa. Dia secara resmi mendeklarasikan dirinya ikut dalam pertarungan di pilkada Halbar. Pernyataan Zaman disambut gembira belasan ribu massa yang hadir itu.

Dalam proses deklarasi Zaman, pihak kepolisian setempat dibuat repot. Protokol Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) diabaikan. Karena, jumlah polisi tak cukup untuk menangani massa dalam jumlah yang cukup besar itu.

Meski begitu, deklarasi yang digagas oleh para simpatisan Zaman itu berlangsung aman dan tertib. Zaman diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Zaman dan pasangannya Pendeta Pay, diprediksi banyak kalangan melenggang mulus ke kursi panas tanpa hambatan. Karena, ya itu tadi, keduanya adalah orang terpandang di Halbar yang paling disegani dan dihargai. 

Antusias warga yang hadir mengiringi langkah Zaman sedari pelabuhan hingga ke tempat deklarasi, cukup luar biasa. Tak sedikit yang rela berjalan kaki puluhan kilometer dari berbagai pelosok di sana ke Kota Jailolo. Tujuan mereka hanya untuk menyaksikan langsung pidato deklarasi Zaman. Artinya, kehadiran massa dari berbagai pelosok, memang benar-benar atas inisiatif mereka sendiri. 

Konon, sejak Minggu (30/8), siklus kunjungan di sejumlah pasar modern maupun tradisional serta pusat perbelanjaan di Halbar, mengalami peningkatan. Rupanya, melonjaknya kunjungan para pembeli tak lepas dari agenda deklarasi Zaman hari ini.

Buktinya, pada hari ini seluruh pusat perbelanjaan tutup. Tak ada aktifitas yang berdenyut di sana. Seluruh warga terkonsentrasi menanti kedatangan sekaligus deklarasi Zaman, pemimpin idaman mayoritas warga Halbar. 

Setidaknya deklarasi Zaman tak hanya bikin Halbar geger, kabar ini juga heboh di seantero Provinsi Maluku Utara. (Aba)
Share:
Komentar

Berita Terkini