DPRD Halteng Gelar Rapat Paripurna

Editor: Admin author photo
Pidato Bupati Halteng Drs. Edi Langkara 
WEDA-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) melakukan rapat paripurna dengan masa persidangan Ke-III tahun 2020 yang bertempat di gedung DPRD Halteng.

Rapat paripurna ke 11 dengan masa persidangan ke III dengan acara penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Dan pengambilan keputusan terhadap rancangan peraturan daerah Kabupaten Halmahera Tengah Tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 ini.

Bupati Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Edi Langkara, dalam pidatonya menyampaikan bahwa, realisasi pelaksanaan APBD Halmahera Tengah tahun anggaran 2019 telah di lakukan pembahasan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tidak mengalami perubahan.

Lanjutnya, APBD tahun 2019 Halmahera Tengah terpilih dari pendapatan daerah Rp 783.121.000.000.00,belanja daerah Rp 792.55.000.000.00 dan devisit 8.934.000.000 sedangkan pembiayaan sebesar 24.744.000.000, pembiayaan netto 21.344.000.000 dan sisa lebih pembiayaan anggaran sebesar 12.390.000.000.

Belanja Daerah tersebut diatas sejalan dengan misi tahun ke II Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yaitu membangun infrastruktur dasar pemukiman dan konektifitas wilayah.

"Dengan demikian pembangunan pada bidang infrastruktur dasar berupa jalan dan transportasi telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Pengembangan infrastruktur pemukiman rakyat dan pelayanan kebutuhan dasar lainnya seperti sanitase, layak air minum telah interfensi secara maksimal di dalam kebijakan tahun terakhir.

Pencapaian target dan indikator misi tahun ke II sebagai prioritas pembangunan daera mengalami kenaikan, meskipun terdapa kekurangan yang terus di benahi.

"Akan tetapi perlu di akui bahwa telah terjadi perbaikan taraf ekonomi masyarakat yang berimplikasi pada menurunnya angka kemiskinan serta adanya pendapatan perkapita masyarakat petani," ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Halteng atas saran kritik pendapat permintaan penjelasan rancangan peraturan daerah dengan berbagai dinamika proses penjelasan yang telah di lalui dengan demokrasi, sinergi dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan.

Sehingga ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD telah mengalami penyempurnaan terhadap ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2019 yang telah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Halmahera Tengah sesuai dengan konstitusi dan misi bersama.

Selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur Maluku Utara untuk di evaluasi dan hasilnya akan dipergunakan sebagai dasar penyempurnaan rancangan peraturan daerah yang ditetapkan dalam peraturan daerah.

Sebelum menutup pidato Bupati Halteng Edi Langkara juga meninta maaf kepada pimpinan dan anggota DPRD Halteng atas komonikasi yang timpang dan itu manusiawi dalam dinamika demokrasi yang di bangun bersama.

"Sejatinya adalah para pemimpin-pemimpin yang taat terhadap asas-asas demokrasi yang kita miliki bersama," tutupnya (dir)
Share:
Komentar

Berita Terkini