KPU Halbar Sosialisasi Tahapan Pilkada

Editor: Admin author photo

KPU Halbar Saat Melaksanakan Sosialisasi (foto:istilah) 
Jailolo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Barat. Sabtu (15/8) melakukan kegiatan sosialisasi tahapan pencalonan dan syarat calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Halmahera Barat tahun 2020.

Kegiatan yang berlangsung di kantor KPU Halbar Desa Hoku-Hoku Kie, Kecamatan Jailolo, turut melibatkan seluruh pengurus Parpol dan Bawaslu serta Forkompimda.

Miftahudin Yusuf selaku Ketua KPU Halbar, saat di wartawan menyampaikan bahwa, dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak tahun 2020 ada beberapa tahapan yang harus dilakukan KPU.

"Antara lain adalah sosialiasi tahapan  pencalonan serta syarat calon, di mana tahapan ini perlu diikuti oleh partai-partai politik," sebutnya.

"Mengingat partai politik merupakan wadah serta syarat bagi para pasangan calon yang akan mengikuti pemilihan bupati dan wakil bupati," sambung Mifta

Selain itu, miftah juga menyatakan, sebagai syarat untuk pemenuhan kuota kursi. Maka, setiap bakal calon harus mengetahui syarat pencalonan, yang dimana harus mendpat 20 persen dari jumlah total kursi yang berada di DPRD Halmahera Barat.

"Pasangan calon setidaknya harus memiliki dukungan minimal 5 kursi sebagai syarat untuk mendaftar di KPU," tutupnya. (zu3)

Share:
Komentar

Berita Terkini