Krisis Air Bersih Hampir Setahun, Pemerintah Desa Wanga Cari Solusi

Editor: Admin author photo
Foto: Frangki Pondaag Hukum Tua Desa Wanga 
MINSEL- Krisis air bersih yang terjadi di Desa Wanga, Kecamatan Motoling, Kabupaten Minahasa Selatan yang sudah hampir setahun ini sangat memprihatinkan. Pasalnya masyarakat disana harus mengantri dari jam 5 pagi untuk mendapatkan air bersih disana.

Cori Assa lansia usia 73 tahun ini rela antri Berjam-jam untuk mendapatkan kebutuhan air bersih.

"Kami harus mengantri untuk mendapatkan air bersih. Itupun aliran airnya sangat kecil, sehingga memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan air bersih," keluh lansia ini, sabtu (22/08).

Sementara itu Hukum Tua ( Kepala Desa ) Wanga Frangki Pondaag mengatakan bahwa pihak pemerintah desa sedang mencari solusi, sehingga warga bisa mendapatkan air bersih.

"Kami telah melakukan pemeriksaan lokasi mata air. Dan memang bibit airnya makin menipis di lokasi mata air. Sehingga kami tetap akan mencari sumber air bersih yang lain. Untuk sementara kami sudah mendapatkan sumber air bersih dilokasi yang lain, hanya saja jarak antara sumber air bersih ke desa kurang lebih enam kilo meter. kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan, Kabupaten dan Propinsi untuk bagaimana bisa mencari solusinya," papar Hukum Tua Wanga.

Foto: Untuk mendapatkan air bersih, warga harus mengantri berjam-jam dengan aliran air yang sangat kecil

Lanjut hukum tua, sebenarnya tahun ini pihaknya akan mengangarkan proyek air bersih lewat anggaran Dana Desa. Namun karna pandemi Corona, sehingga anggarannya terfokuskan untuk penanganan Corona.

"Sebenarnya kami pemerintah desa berencana mengangarkan dengan Dana desa yang ada. Namun sesuai petunjuk, untuk tahun ini anggaran Dana desa kita fokuskan pada penangan Covid-19, Harapan kami semoga pemerintah Kabupaten dan pemerintah Propinsi secepatnya melakukan penanganan terkait air bersih," tambahnya.
(Khutni)
Share:
Komentar

Berita Terkini