Mahasiswa Kubermas Bikin Batas Antar Kelurahan di Tidore

Editor: Admin author photo
Mahasiswa Kubermas Unkhair saat membuat Batas antar kelurahan (foto:ist) 
TIDORE- Meskipun dalam situasi Covid-19 mahasiswa Universitas Khairun Kota Ternate menggelar kuliah berkarta bersama masyarakat (Kubermas) di Kota Tikep yang bertempat di Kelurahan Jiko Cobo Kecamatan Tidore Timur Kota Tidore Kepulauan terlihat berjalan dengan baik

Seperti kita ketahui bersama bahwa Kuliah bermasyarakat ini merupakan sarana dalam menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam mencetak sarjana yang tidak hanya berkompeten di bidang studi masing-masing namun juga mencetak sarjana yang terampil dan peduli terhadap lingkungan sekitar seperti di daerah pedesaan dalam rangka membantu memberdayakan dan memajukan desa setempat. 

Kordinator Lapangan (Korlap) Mahasiswa Kubermas Hajar Rajak menyampaikan kubermas kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena Covid-19.

"Alhamdulilah semuanya berjalan dengan lancar, kita juga melakukan pembagian masker di masyarakat dan penyemprotan disinfektan di tempat keramaian seperti Mesjid, Sekolah dan di Pelabuhan Ito Kici sekaligus menyediakan tempat cuci tangan," sebutnya. 

Hajar, bilang untuk meninggalkan kenangan yang nyata di kelurahan Jiko Cobo ini ia melakukan penambahan satu program dengan membangun Gapura perbatasan Kelurahan di dua Kelurahan yang berbeda, yakni batas kelurahan Jiko Cobo dan Kelurahan Rum Balibunga dan Kelurahan Jiko Cobo dengan Kelurahan Mafututu.

"Jadi program tambahan yang kita lakukan ini sejak kemarin, kemarin kita bangun Gapura antara batas kelurahan Jiko Cobo dengan Kelurahan Rum Balibunga dan hari ini kita lanjut bangun di batas kelurahan Jiko Cobo dengan Kelurahan Mafututu," Katanya. 

Lebih lanjut kata Hajar, Adapun maksud dari kegiatan ini adalah sebagai suatu proses pembinaan mahasiswa guna memantapkan wawasan dan memahami realitas kehidupan masyarakat dengan berbagai permasalahannya dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah yang berkembang dalam masyarakat.

Terpisah dari itu, Ketua Pemuda Jiko Cobo Mukhlis A. Rajak mengatakan pemuda Jiko Cobo sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa kubermas unkhair Ternate Tahun ini. 

"Walaupun dalam kondisi covid-19 kami pemuda bekerja sama dengan mereka untuk melakukan pengembangan masyarakat dan melakukan beberapa kegiatan yang nyata," tutupnya singkat. (Aidar).
Share:
Komentar

Berita Terkini