Semarak Kemerdekaan RI ke-75, PIK-R Jerebusua Bersama Mahasiswa Kubermas Gelar Sosialisasi

Editor: Admin author photo
Foto bersama Usai Kegiatan (foto:con) 
Ternate,- Guna membantu para remaja di Kelurahan Tanah Tinggi Barat, Kecamatan Ternate Selatan, Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Jerebusua menggandeng Mahasiswa Kubermas Unkhair melakukan kegiatan Launching Posyandu Remaja, Gebrak Masker dalam menyambut  semarak kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Fajar Megantara ketua PIK-R Jerebusa Keluarahan Tanah Tinggi Barat kepada media ini mengatakan kegiatan ini salah program kerja dari PIK-R yang dilakukan setiap bulan.

“Kebetulan kali ini bertepatan dengan Mahasiswa Kubermas Unkhair di Kelurahan kami, maka kami menjalakan program kerja kami dengan bekerja sama dengan mereka,” ujar Fajar. Minggu (16/08/20) di sela-sela kegiatan Launching.

Lanjut ia mengatakan kegiatan ini adalah diutamakan untuk mensosalisasikan Launching Posyandu remaja dan Gebrak Masker.

“Kegiatan hari ini adalah Launching Posyandu remaja dan Gebrak Masker yang buat setiap Bulan untuk remaja berumur 10-12 Tahun. Ini baru, untuk kalangan remaja, diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis, Sosialisasi Bahaya Rokok, Narkoba dan Seks Bebas serta perilaku menyimpang lainya,” sebutnya.

Ia berharap dengan kerja sama harus diapresiasi oleh pemerintah Kota Ternate dengan potensi remaja di kelurahan yang melaksanakan kegiatan positif ini.

“Semoga kerja sama ini bisa menibulkan empati dari masyarakat, pemerintah Kelurahan, Kecamatan bahkan pemerintah Kota Ternate. Dan, harus di apresiasi. Artinya mereka harus melihat bahwa para remaja di kelurahan Tanah tinggi Barat punya Potensi untuk membuat kegiatan yang positif,” pungkasnya.

Sementara itu Koordinator Kelurahan Mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate Marjuddin A. Sidik mengatakan Kuliah Berkarya Bermasyarakat (KUBERMAS) adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi dengan cara memberikan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan baik didalam kampus maupun diluar kampus dalam waktu, mekanisme kerja dan persyaratan tertentu.

“Artinya Kami akan membuat program-program kegiatan yang direncanakan pada dasarnya bertumpu pada persoalan nyata dilapangan, dilaksanakan sesuai dengan daya dukung sumber-sumber daya yang tersedia dilapangan untuk mendatangkan manfaat bagi masyarakat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang salasatunya kerja sama dengan PIK-R Jerebusua ini,” ungkapnya

Lanjut Marjuddin mengatakan proses interaktif dan sinergis antara mahasiswa dan masyarakat dalam setiap kegiatan mutlak diperlukan.

“Ini dimulai sejak perencanaan program kegiatan lapangan, pelaksanaan dan pengusahaan pendanaan. Dan kami mahasiswa melakukan pendekatan sosial-kultur terhadap masyarakat sehingga nantinya mereka menjadi kooperatif dan partisipatif dalam setiap program yang dicanangkan,” cetusnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini masyarakat kelak akan mampu mengidentifikasikan sendiri permasalahan dan mencari kemungkinan-kemungkinan pemecahan permasalahan dan sumber daya yang dimiliki, sehingga pada akhirnya mereka akan mampu berswadaya, berswakelola dan berswadana dalam pembangunan masa depannya. Tutupnya (red-tim).
Share:
Komentar

Berita Terkini