Tim Banggar dan TAPD Pemkot Tikep Bahas Anggaran TTP ASN

Editor: Admin author photo
Ahmad Ishak : TTP ASN Dianggarkan Sebesar Rp. 75 Miliar
Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan
Ahmad Ishak 
TIDORE-   Tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Tidore Kepulauan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melakukan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Platfon Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Tahun 2021.

Dalam pembahasan itu Tim Banggar dan TAPD menargetkan pendapatan daerah harus melebihi target.

“  Kami DPRD ingin memaksimalkan pembahasan KUA-PPAS ini agar bisa menyesuaikan dengan pendapatan, karena KUA-PPAS ini bagi DPRD adalah  KUA-PPAS pertama dalam periode ini, maka dari itu kami menginginkan agar KUA-PPAS ini benar-benar berkualitas,” ungkap Ketua DPRD Kota Tikep Ahmad Ishak ketika ditemui wartawan diruang kerjanya, Rabu (19/09/2020).

Ahmad Ishak mengaku seluruh program tahun 2020 ini tidak sempat jalan disebabkan kita sedang menghadapi musibah pandemi covid-19. Dengan begitu, maka seluruh item kegiatan terutama belanja publik dan belanja modal yang menyentuh langsung dengan masyarakat di tahun ini yang tidak bisa dilaksanakan itu dikembalikan dan  dianggarkan di tahun  2021 mendatang, tuturnya.


Lanjut Ahmad, untuk memaksimalkan hal itu, maka satu solusi termasuk pemberian tunjangan tambahan penghasilan (TTP) terhadap ASN. “ Untuk besaran TTP harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” tukasnya.


Karenanya, kata Ahmad Ishak, pemberian TTP terhadap ASN nantinya honor-honor dan tunjangan lainnya akan dihilangkan. Hanya saja TTP itu seluruh ASN itu diwajibkan untuk dapat minus tenaga kesehatan dan guru sebab mereka sudah menerima tunjangan. 


"TTP yang diberikan kepada ASN ini sesuai dengan kinerjanya. Meskipun tidak punya jabatan, karena adapun hitungannya. Tapi tingkat kehadiran ASN juga menjadi alat ukur besarannya yang di dapat. Jadi saya berharap kalau DPRD sudah setujui TTP, maka kinerja ASN juga perlu di tingkatkan,” tegasnya.


Untuk total anggaran TTP yang diploting pada APBD Tahun 2021. Ahmad Ishak menjelaskan, besaran anggaran TTP sebagaimana disampaikan TAPD Pemkot Tidore Kepulauan senilai Rp.75 Miliar yang nantinya diberikan kepada 3.368 ASN dengan asumsi penambahan yang mengikuti tes P3K pada pekan kemarin yang sudah lulus ASN. Sehingga jumlah totalnya sekitar 3.951 ASN yang akan dianggarkan untuk tunjangan tersebut, tetapi untuk besarannya harus dilakukan penyesuaian. 


"Prinsipnya pemerintah daerah harus mengajukan dulu rencana  anggaran  TTP karena semua butuh persetujuan dari DPRD. Setelah DPRD menyetujui untuk pemberian TTP itu kemudian pemerintah daerah menyusun peraturan walikota tentang besaran dari TTP tersebut,” pungkasnya. (dar/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini