Akhirnya Halteng Ada Ketua DPRD, Sakir Resmi Di Lantik

Editor: Admin author photo
Sakir Ahmad Saat Di Lantik Sebagai Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Selatan (foto:ist) 
Weda- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Halmahera Tengah  melakukan Rapat paripurna dengan agenda acara pengucapan sumpah dan peresmian pengangkatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Halteng masa jabatan tahun 2019-2024 dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Halteng Kabir Kahar. Senin, 28/09/2020

Wakil Ketua I DPRD Halteng Kabir Kahar saat memimpin rapat paripurna menyampaikan bahwa, peresmian pimpinan DPRD telah diatur dalam ketentuan pasal 165 ayat (4) Undang-undang  nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dimana menjelaskan ketua dan wakil ketua DPRD kabupaten kota diresmikan dengan keputusan Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

"Dengan ketentuan di atas maka gubernur melalui kewenangannya mengeluarkan SK nomor 361/KPTS/MU/2020 tentang peresmian pengangkatan Ketua DPRD Halteng masa jabatan 2019-2024 atas nama H.Sakir Ahmad yang dikeluarkan pada tanggal 25 Agustus 2020," sebutnya.

Selanjutnya ia bilang DPRD menindak lanjuti dengan melakukan rapat Badan Musyawarah (Banmus) tanggal 18 September 2020 untuk melakukan penetapan jadwal dan tanggal peresmian Ketua DPRD yang dijadwalkan pada hari ini.

Dalam rapat paripurna pengucapan sumpah dan peresmian pengangkatan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Halteng masa jabatan 2019-2024 Sakir Hi Ahmad telah resmi di lantik oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Soasio Tidore Kepulauan (Tikep) Ennierlia Arientowaty, yang berlangsung di gedung DPRD Halteng Jln. Bukit Loeteglas.

"Pembacaan Surat Keputusan (SK) Gubernur Malut dengan nomor 361/KPTS/MU/2020 tentang peresmian pengangkatan Ketua DPRD Halteng masa jabatan 2019-2024 dipimpin langsung oleh Ketua pengadilan tinggi Negeri Soasio Ennierlia Arientowaty sekaligus melantik ketua DPRD Halteng," pungkasnya.

Terlepas dari itu dalam Pidato Bupati Halteng yang diwakili oleh Asisten III Said M. Yastab mengatakan, selamat kepada HI. Sakir Ahmad sebagai Ketua DPRD Kabupaten Halteng dari Partai Golongan Karya (Golkar).

"Harapan kami semoga dapat bekerja sebaik-baiknya dan dapat memberikan kontribusi serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah (Pemda) maupun masyarakat Halteng secara harmonis.
Sebagai mana diatur dalam pasal 207 ayat (1) UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, bahwa hubungan kerja sama antara DPRD dan Kepala Daerah didasarkan atas hubungan kemitraan yang sejajar," terangnya.

Lanjut Said mengatakan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dewasa ini, eksistensi dan kinerja DPRD mutlak di perkuat dan di perhitungkan, karna mengingat DPRD selain unsur penyelenggara pemerintah daerah, juga sebagai representasi rakyat daerah, oleh sebab itu DPRD harus memperlihatkan kinerja yang optimal.

"Pelantikan pimpinan DPRD ini merupakan proses politik dan rangkaian mekanisme yuridis yang tak lain bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kwalitas lembaga legislatif sebagai mitra pemerintah yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi pelengkapan di lembaga legeslatif," paparnya.

Pemda juga mengharapkan dukungan anggota dewan dan seluruh masyarakat Halteng dalam rangka merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan demi mewujudkan Halteng yang lebih maju sejahtera berlandaskan falsafah fagogoru.

"Kami menyadari bahwa masih banyak persoalan-persoalan yang menjadi prioritas pemda, persoalan ini menjadi isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian Iebih lanjut, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya untuk mereduksi-solutif persoalan dalam rangka meningkatkan perumusan kebijakan yang berpihak pada Perkembangan suatu daerah. Tutupnya (Dir)
Share:
Komentar

Berita Terkini