CEP-Sehan Siapakan Tiga Program Prioritas Untuk Sulut

Editor: Admin author photo
foto: Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan Sehan Salim Landjar (SSL) Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulut.

SULUT- Tiga program kerja prioritas bakal dilaksanakan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Sulut, Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan) demi mendorong dan mewujudkan keseimbangan pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hal tersebut diungkapkan CEP usai ditemui di rumah dinasnya, selasa (15/09/2020).

Ketiga program prioritas CEP-Sehan ini antara lain ialah Program peningkatan kesejahteraan untuk petani dan nelayan, serta menjaga kestabilan harga komoditas berbasis kearifan lokal. Bantuan Keuangan ke seluruh Desa, Dan Pemerataan pembangunan infrastruktur di 15 kab/kota termasuk pembukaan kawasan baru industri dan pariwisata.

"Tentu program-program ini adalah program yang menjadi prioritas kami, dilihat sesuai dengan kebutuhan masyarakat sulut saat ini, Yang mayoritas menguluti dua bidang pekerjaan, yaitu petani dan nelayan. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu prioritas kami untuk mensejaterahkan nasib petani dan nelayan di Sulut, " kata CEP.

Adapun program bantuan keuangan ke seluruh desa, menurut CEP termasuk bagian program peningkatan kemajuan desa yang ada di Sulut.

"Hampir sepuluh tahun saya dan Pak Sehan menjadi bagian Pemerintah Desa di wilayah Kabupaten sebagai Kepala Daerah. Sumber pendapatan APBDes hanya bersumber dari Pusat dan Kabupaten saja. Jika kami yg menandatangani APBD Provinsi, akan ada bantuan keuangan dari provinsi kepada 1.507 desa di Sulawesi Utara Mulai dari Miangas sampai Pinagoluman. Paling tidak setiap desa akan ketambahan 200juta ke dalam APBDESnya. Anggaran 200juta akan ditransfer kepada pemerintah desa dan masuk di dalam APBDES untuk memenuhi kebutuhan operasional pemerintah desa dan BPD. BPD dalam menjalankan fungsinya seperti menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, melakukan pengawasan kinerja kepala desa dan pembahasan peraturan desa dapat memanfaatkan anggaran operasional tersebut. Demikian juga pemerintah desa dapat memanfaatkan anggaran tersebut untuk bidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan bidang pemberdayaan masyarakat," tambah CEP.

Sementara untuk program pemerataan pembangunan infrastruktur di 15 kab/kota termasuk pembukaan kawasan baru industri dan pariwisata, Menurut CEP adalah bagian program paling penting demi kemajuan ekonomi di Sulut.

"Pembangunan kawasan industri ini penting untuk pemerataan pembangunan dan ekonomi di Sulut, Untuk membangun kawasan industri tersebut, butuh tiga tahapan, yaitu perencanaan, pengembangan dan pengelolaan. Perencanaan meliputi penentuan lokasi, pengembangan berupa pembangunan dan pengembangan infrastruktur dan pengelolaan adalah mengatur agar fungsi kawasan industri bisa berjalan optimal. Semua ini hanya untuk peningkatan ekonomi masyarakat Sulut," tutup CEP. (")
Share:
Komentar

Berita Terkini