FKDMU Ajak Warga Malut Sukseskan Pilkada 2020

Editor: Admin author photo

"Mari Ciptakan Pilkada Yang bermartabat, aman, damai dan sejuk"

Ketua FKDMU Saat melakukan Orasi mengajak Masyarakat untuk ciptakan Pilkada Damai (foto:ist) 

Ternate,-Forum Kajian Demokrasi Maluku Utara mengajak masyarakat Kota Ternate untuk sama - sama kita suksesi pemilihan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang dengan melakukan kampanye politik yang bermartabat, aman, damai dan sejuk.


Ketua FKDMU Maskur J. Latif dalam orasinya mengatakan demokrasi pemilihan kepala daerah seakan tak berjalan mulus tanpa dilengkapi dengan konflik sosial. 

Entah baik itu konflik secara verbal maupun secara fisik kadangkala terjadi pada setiap momen pemilihan kepala daerah sejak dimulainya tahapan sosialisasi hingga sampai usai pemilihan. 


"Ini bukan menjadi cerita baru dalam setiap perhelatan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah dari setiap periode ke periode selama ini. Khususnya di kota Ternate dan Maluku Utara pada umumnya," ungkapnya. 


Padahal menurut Masker sesungguhnya, demokrasi adalah pemilihan kepala daerah merupakan kewajiban negara yang menganut sistem demokrasi seperti Indonesia untuk melaksanakan sebagai upaya mengevaluasi pemimpin pemerintahan di daerah dan menentukan arah pembangunan masa depan daerah.


"Demokrasi pemilukada atau dalam perebutan kekuasan semestinya setiap komponen politik baik tim sukses pasangan calon, relawan, terutama partai politik yang mengusung atau mendukung pasangan calon kepala daerah diharapkan dan diwajibkan agar dapat memberi pesan-pesan edukatif atau memberikan pendidikan dan pencerahan politik terhadap masyarakat," pinta Mantan Ketua GMNI Kota Ternate itu. 


Karena bagi dia pemimpin daerah yang dilahirkan adalah pemimpin daerah yang bermoral, etika, dan memiliki gagasan untuk membangun daerah. 


"Jangan kemudian demi kekuasaan lalu, trik kotor seperti penghasutan atas nama suku, ras, agama, golongan dan jenis kelamin menjadi isu pokok yang harus dihembuskan demi menghalalkan segala cara," tambahnya. 


Lebih lanjut Maskur menyebutkan hal itu dapat membuka tabir fanatisme berlebihan sehingga menimbulkan konflik bagi masyarakat yang awam pasca penyelengaraan pemilihan kepala daerah. 


"Dalam kesempatan ini kami mengajak dan ingatkan kepada masyarakat kota Ternate dan Maluku Utara pada umumnya. Dan tentu para tim sukses, dan Partai politik agar mari sama-sama kita suksesi pemilihan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang dengan kampanye politik yang bermartabat, aman, damai dan sejuk," harap Maskur. 


Ia juga mengajak semua element bergandengan tangan untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah serentak pada tanggal 09 Desember 2020.


*Dengan semangat demokrasi, mari kita sukseskan pemilihan kepala daerah serentak yang bermartabat, aman, damai, dan sejuk di kota Ternate dan Maluku Utara pada umumnya," tutupnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini