Gelar Rakernis, Bawaslu Halbar Tingkatkan Pengawasan

Editor: Admin author photo
Susana rapa kerja teknis Bawaslu Halbar (foto:ist) 
JAILOLO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu),menggelar kegiatan Rapat Kerja Teknis Pengawasan Pelanggaran dan Peyelesaian sengketa secara cepat pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Halmahera Barat yang akan diselenggarakan pada 9 desember mendatang. Selasa,(01/9)

Kegiatan yang dilaksanakan di Villa Gaba Desa Guaemaadu Kecamatan Jailolo, dihadiri oleh Komisioner Bawaslu yakni Muhammadun Hi Adam, ( Koordiv SDM ), Aknosius Datang ( Koordiv PHL ), Hariyanto M.Taher, (Sekretaris bawaslu Halbar) serta 24 orang Ketua dan Komisioner Panwascam.

Kordiv SDM, Muhammadun Hi. Adam dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan ini mengungkapkan bahwa kegiatan Rakernis yakni dalam Penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa  secara cepat pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020.

"Dan ini baru pertama dilakukan, namun secara pelaksanaan teman-teman sudah melakukan itu dengan berbagai persoalan yang terjadi saat ini." ungkapnya

Proses pemilu semakin dekat tahapan kampanye dan pada tahapan kampanye akan terjadi berbagai macam persoalan, tugas dan tanggungjawab semakin bertambah karna dituntut untuk melakukan Pengawasan secara Extra.

Ia yakin bahwa pada tahapan kampanye akan terjadi temuan dan Laporan Pelanggaran yang sangat banyak.

"Saya meminta kepada seluruh komisioner panwascam agar fokus penyampaian materi sehingga dapat dipahami betul," pintanya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Halbar Aknosius Datang mengatakan perlu dikoordinasikan atau perlu adanya komunikasi yang baik antara penyelenggara dengan parpol karna ini demi kelancaran proses tahapan pemilukada tahun 2020.

"Jadi, jika dilakukan penertiban, sebelumnya perlu adanya komunikasi yang sehat yakni dari pihak penyelenggara dan pihak parpol sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman yang mengakibatkan hambatan pada proses tahapan pemilukada pada desember mendatang," ingatnya

Kordiv PHL ini berharap dengan dilaksanakannya Rakernis ini dapat mempertajam teknis penanganan pelanggaran kedepannya dalam menghadapi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada)  tahun 2020. (zu3/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini