Lima Penjabat Kepala Daerah Resmi Dilantik Gubernur Malut

Editor: Admin author photo
Lima penjabat Bupati/Walikota saat dilantik Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba (foto/Ist)
SOFIFI - Lima (5) penjabat Kepala Daerah resmi dilantik Gubernur Maluku Utara (Malut), KH. Abdul Gani Kasuba (AGK), untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Walikota di lima Kab/Kota yang melaksanakan hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Pelantikan lima penjabat Kepala Daerah tersebut dipusatkan di ruang Aula Nuku, Kantor Gubernur Malut, Sabtu (26/09/2020).  

Di ketahui penjabat Bupati/Walikota yang dilantik Gubernur Maluku Utara akan menjalankan roda pemerintahan selama tujuh puluh satu hari.

Di sisi lain, pelantikan lima penjabat kepala daerah ini. Setelah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A.,Ph.D. Berdasarkan Surat Keputusan Nomor:131.82-2998,131.82-2999,131.82-3000,131.82-3001,131,82-3009 Tahun 2020.

Usai melantik lima penjabat Kepala Daerah tersebut, KH. Abdul Gani Kasuba, dalam sambutannya menegaskan  pejabat yang dilantik tidak boleh terlibat dalam politik di Pilkada. Para penjabat ini harus menjalankan tugas dengan sebaik mungkin, bagi  pejabat yang dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah.  Akan saya berikan reward atau hadiah.

“ Jadi penjabat yang menduduki jabatan tersebut hanya untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan, karena pejabat defenitif sedang menjalani cuti kampanye selama tujuh puluh satu hari dimulai pada 26 September sampai dengan 5 Desember 2020,” tutur AGK.

Adapun penjabat yang dikukuhkan sebagai penjabat Bupati/Walikota di lima Kab/Kota, yakni masing-masing adalah Muhammad Rizal Ismail Kepala Dinas Pertanian menjabat sebagai PJ Bupati Halmahera Barat (Halbar), Maddaremeng Direktur Penaatan, Daerah Otonomi Khusus dan DPOD Kemendagri sebagai Pejabat sementara Bupati Kabupaten Pulau Taliabu.

Sementara Kepala Biro Organisasi Setda Malut,  Irwanto Ali menjabat sebagai Penjabat Bupati Halmahera Utara (Halut), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Malut, Ansar Dally menjabat sebagai Penjabat Walikota Tidore Kepulauan (Tikep), Serta Idham Umasangaji Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Provinsi Malut sebagai Penjabat Sementara Bupati Kabupaten Kepulauan Sula. (Tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini