Pelaksanaan MTQ Ke-XXVIII Tingkat Provinsi Pakai Protap Kesehatan

Editor: Admin author photo
Kadinkes Halteng, Rijja Rejana (foto/Ist)
WEDA– Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XXVIII Tingkat  Provinsi Maluku Utara (Malut) menggunakan protokol kesehatan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Rijja Rejana, kepada wartawan media ini, Senin (15/09/2020).

Menurut Rijja,  Halteng sebagai tuan pelaksana MTQ, maka  dinas kesehatan mempersiapkan tim kesehatan dimulai dari penyambutan kafilah kabupaten dan pelaksanaan MTQ nanti.

“ Kami sudah siapkan tim kesehatan terdiri dari rumah sakit dan puskesmas weda. Ini masuk dalam tim kesehatan, selain itu juga ada tim kesehatan ada yang bersifat mobile,” ujarnya.

Dia menambahkan, para kontingen ini kan menempati fasilitas tersendiri. “ Jadi tim kesehatan akan mobile,” paparnya.

Rijja menjelaskan ketika ada yang sakit langsung dilakukan penanganan di tempat. “ Panitia sudah menyiapkan ambulance untuk evakuasi kemudian ada juga tim gerak cepat dari kesehatan,”  Di samping itu, kata Kadis, tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana instruksi Bupati Kabupaten Halmahera Tengah.

Dengan begitu, penerapan protokol kesehatan bagian dari menerapkan peraturan itu dengan tetap menggunakan masker.” kita harapkan semua kafilah yang datang dengan rapid test non reaktif,”cetusnya.

Dengan demkian diharapkan kepada semua kabupaten/kota yang mengirimkan kafila diharapkan bisa melakukan pemeriksaan rapid test kepada kontingan yang datang di Halteng. 

“ Tetapi kalau misalnya ada kondisi tertentu yang membuat para kafila tidak bisa melakukan rapid test. Maka dinkes halteng siapkan melakukan pemeriksaan tentu harus mendapat persetujuan ketua penyelenggara dan bupati untuk melakukan pemeriksaan."tutupnya (dir)

Share:
Komentar

Berita Terkini