Seniman Minta TULUS Bisa Bangun Gedung Kesenian

Editor: Admin author photo
Seniman Asal Ternate, Kaharman Hirto (sumber:ist) 
Ternate,- Praktisi Film dan konten kreator menitipkan amanah kepada Calon Walikota dan Wakil Walikota Ternate Tahun 2020-2024, Tauhid Soleman dan Jasri Usman untuk membangun gedung kesenian di Kota Ternate. 


Melalui rilis resminya Kaharman Hirto meminta kepada pasangan dengan Jargon Tulus itu untuk membangun gedung kesenian buat para penggiat seni di Kota Ternate.


"Apa artinya gedung bertingkat yang katanya simbol pembangunan, kalau ruang dan fasilitas membangun budaya tidak pernah dipikirkan. Tidak ada progam atau kalender event kesenian di Kota Ternate," ujarnya. Rabu (23/09). 


Lanjut Kaharman mengatakan kesenian bisa membangun mental tangguh, membangun rasa cinta, rasa tanggungjawab, juga bisa memberi Pendapatan Asli Daerah (PAD).


"Kesenian sangat bermakna bagi dimensi sosial, karena kesenian bisa melembutkan hati dan Menjadi dimensi politik, dimana kesenian berfungsi mengkristalisasi kebijakan, serta dimensi ekonomi kalaupun profit tak dapat, benefit akan didapat," terangnya


Bahkan Bang Popaye Sapaan Akrab Kaharman mengatakan para seniman kini membangun komunikasi untuk membentuk dewan kesenian namun tidak pernah gencar bersuara tentang Gedung kesenian. 


"Seniman khawatir, lahan yang dijadikan tempat berkumpul dan berkarya adalah benteng orange, Itu kawasan cagar budaya bukan tempat berekspresi," tandasnya.


"Boleh kami titipkan harapan ke TULUS agar dapat merealisasikan keinginan kami, Gedung Kesenian harga mati," sambungnya. 


Bang Popaye bilang selama ini, Pemkot Ternate dan Pemprov Malut mengabaikan kekayaan budaya di kota ini. Tidak ada sarana dan prasarana seniman untuk menuangkan ide dan kreatifitas.


'Perkembangan kawasan Kota Ternate yang cukup pesat, tak diikuti dengan keberadaan fasilitas umum. Semisal gedung kesenian atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang hingga saat ini masih juga belum tersedia," sebut Penggiat Film Perjadi itu. 


Senada dengan itu salasatu konten kreator Irsan Yakub, menyatakan sudah sejak dulu Kota Ternate tidak memiliki sarana dan prasarana untuk tempat berekspresi. Seperti gedung kesenian dan lahan terbuka hijau untuk atau taman untuk anak muda berkreasi, seperti kota- kota Lain saat ini.


“Disayangkan sih, apalagi saat ini kan banyak anak muda dan para kreator yang memiliki bakat luar biasa. Alangkah lebih baiknya jika ditunjang dengan fasilitas umum yang baik dari pemerintah,” ungkap pria yang menahkodai Kokkama Official itu. 


Menurutnya, gedung kesenian merupakan salah satu bagian dari apa yang disebut sebagai ruang publik (public space) yang sangat diperlukan.


“Ternate itu perlu punya gedung kesenian, yang bisa menunjang kreatifitas seni baik Pemutaran Film, Stand up Comedy, musik, tari dan lain-lain. Sehingga anak muda semua bisa belajar disitu,” kata Irsan.


Ia berharap dengan adanya gedung kesenian, nantinya akan lebih banyak penampilan dan pagelaran yang menjadi pertunjukan rutin. Sehingga, secara tidak langsung, gedung tersebut bisa menjadi destinasi wisata sekaligus setiap minggu bisa digelar pementasan kesenian.


“Saya berharap nantinya gedung kesenian bisa menjadi tempat gratis para kreator semua untuk berlatih, dan menumbuhkan regenerasi yang lebih kreatif,” pintanya. 


Ia menambahkan, meskipun saat ini serba terbatas, para seniman Ternate sudah mampu unjuk kebolehan di luar kota. Bahkan seniman Ternate diakui di tingkat Nasional.


“Kami butuh ruang untuk berkreasi. Banyak hal positif jika ada gedung kesenian di Ternate. Diharapkan pemerintah juga bisa bertanggungjawab memfasilitasi terciptanya sarana publik tersebut,” imbuhnya. 


Menutup rilis tersebut ia bersama seluruh konten kreatoe menitipkan amanah kepada Tauhid Soleman dan Jasri Usman agar Dapat merealisasikan keluhannya. 


"Karena kami menilai calon yang lain punya visi-misi kurang memuaskan karena masih gunakan janji," tutupnya. (Red-tim) 
Share:
Komentar

Berita Terkini