FKPT Malut Ajak Para Guru Tangkal Radikalisme Dan Terorisme

Editor: Admin author photo
Dr. Djubair Situmorang, Kabid Agama dan Sosial Budaya FKPT Malut Saat menyampaikan Sambutan (foto:ist) 


Ternate, Pencegahan terhadap gerakan radikalisme dan terorisme terus digalang Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Maluku Utara, kali ini dengan melibatkan para Guru-guru di Kota Ternate. 

Mengangkat tema Internalisasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya Sekolah Dalam Menumbuhkan Moderasi Beragama. Kepala Bidang Agama dan Sosial Budaya FKPT Malut Djubair Situmorang mengatakan ini kegiatan skala nasional yang di lakukan FKPT Maluku Utara bersama para guru untuk menangkal Radikalisme. 

"Alhamdulilah giat ini baru bisa terlaksana  terlaksana pada tanggal 27 Oktober 2020, yang harusnya terlaksana pada bulan September namun ditunda karena covid-19," ujar Djubair usai kegiatan pada Selasa (27/10/20) di Muara Hotel Ternate. 

Lanjutnya mengatakan kegiatan ini akan diikuti oleh para guru di Kota Ternate. "Kegiatan ini akan diikuti 75 peserta dari guru-guru di berbagai sekolah mulai dari PK-PAUD, SD, SMP dan SMA di Kota Ternate. 

Bahkan Djubair bilang giat Ini bagian dari komitmen Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) secara nasional melalui Forum Koorndinasi dan Pencegahan Terorisme FKPT di Maluku Utara, dalam rangka pelibatan masyarakat untuk menangkal radikalisme dan terorisme. 

"Yang kita tahu kegiatan radikalisme dan terorisme akan terus mengancam, nah dengan kegiatan seperti ini maka bisa lebih cepat tersampaikan isu perdamaian melalui sekolah-sekolah," cetusnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan Guru-guru akan langsung bersinggungan, baik dari sisi materi yang disampaikan kepada siswa atau bisa menyampaikan langsung kepada masyarakat. 

"Diharapkan dapat terlaksana dengan komprehensif diantaranya apa itu radikalisme dan terorisme, sehingga bisa menjadi informasi kepada peserta didik dan mereka memahami serta kemudian menyampaikan kepada keluarga dan lingkungannya," imbuhnya. 

Ia juga berharap komitmen bersama antara pemerintah melalui BNPT, FKPT dan Pemerintah Daerah bersama-sama, masyarakat bahu membahu menangkal radikalisme. 

"Jika radikalisme ini terus berkembang maka yang rugi adalah bangsa Indonesia, Maka harus ditangkal dari sekarang," pungkasnya.

Untuk diketahui yang menjadi Narasumber dalam giat tersebut adalah Muhammad Sofyan (mantan napiter) Dan Dr. Anis Masykhur,M.A. dari kementerian Agama, Serta dalam giat tersebut selalu menerapkan protokol kesehatan. (Red-tim)
Share:
Komentar

Berita Terkini