Gubernur Malut Temui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ini Yang Dibahas

Editor: Admin author photo

 

Gubernur Malut, KH. Abdul Gani Kasuba bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
SOFIFI- Gubernur Maluku Utara (Malut) KH Abdul Gani Kasuba dan Menteri Pertanian RI Syahril Yasin Limpo resmi mengadakan pertemuan, yang dilangsungkan di Kantor Kementan RI, di Jakarta, Rabu (14/10/2020)

Pertemuan itu merupakan tindaklanjut dari kunjungan Mentan dan rombongan ke Kao Barat, Halmahera Utara (Halut) pada 4 Oktober 2020 lalu, dalam rangka penyerahan bantuan Alsintan serta menyaksikan penanaman padi.

Kepala Biro Protokol Kerja sama dan Komunikasi Publik (PKKP) Setda Provinsi Malut, Mulyadi Tutupoho menjelaskan ada dua program unggulan yang disampaikan Gubernur kepada Mentan, yakni Gerakan Maluku Utara Menanam, dan Gerakan Ekspor untuk Rakyat Sejahtera (Gosora)

"Gerakan menanam ini bertujuan meningkatkan ketahanan pangan dan Gosora yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani,"kata Mulyadi, Rabu (14/10/2020)

Disamping itu, Menteri Pertanian kata Mulyadi, meminta Pemprov fokus pada tiga hal dalam pengembangan sektor pertanian, pertama untuk Program Gosora untuk benahi komoditas Pala, Kelapa dan Cengkeh utamanya penanganan hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk.

Kedua, tingkatkan produksi tanaman pangan, dengan menggunakan bibit unggul sampai dengan penanganan pasca panen dengan menggunakan mesin-mesin pertanian dengan usaha berbasis koperasi petani, serta pemanfaatan pembiayaan kredit usaha rakyat KUR). Dan ketiga, perlu pengembangan komoditas tanaman pangan lokal untuk memperkuat ketahanan pangan di daerah.

Mantan Gubernur Sulsel dua periode ini siap membantu penanganan tiga fokus pembangunan pertanian tersebut. Bahkan Syahrul Yasin Limpo telah memerintahkan Dirjen Tanaman Pangan dan Dirjen Perkebunan untuk membentuk Gugus Tugas Pusat guna merumuskan program dan kegiatan yang menunjang tiga fokus tersebut.

"Pak Gubernur menunjuk Kadis Pertanian untuk menjadi Ketua Gugus Tugas Daerah untuk menyusun program dan kegiatan sekaligus membahas program bersama Gugus Tugas Pusat,"imbuh Mulyadi 

Turut hadir pada pertemuan itu, Dirjen Perkebunan, Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen PSP, Kepala Badan Karantina, dan Staf Khusus Pak Menteri dan Staf Ahli Menteri, sementara yang turut mendampingi Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, Kadis Pertanian M. Rizal Ismail, Plt. Sekretaris Dinas Pertanian Muchtar Husen. (tim/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini