UPTD Puskesmas Weda dan Pemerintahan Kecamatan Gelar Kegiatan Lokakarya

Editor: Admin author photo
Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor UPTD Puskesmas Weda bersama Pemerintah Kecamatan Weda (foto/dir)

WEDA- Pemerintah Kecamatan Weda bersama UPTD Puskesmas Weda menggelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Tahun 2020, Selasa (27/10) di Kantor Camat Weda.

Turut hadir dalam kegiatan Lokakarya Mini Lintas, yakni Kepala Dinas Kesehatan Halteng Rijja Rajana, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Lutfi Djafar, Kapolsek Kecamatan Weda IPTU Yogie dan seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah.

Camat Weda Musrifa Soleman, S. STP dalam sambutannya mengatakan kegiatan lokakarya lintas sektor ini bertujuan untuk mengkaji hasil kegiatan kerja sama lintas sektor atau menindak lanjuti masalah yang ditemui dalam pelaksanaan kegiatan dan memperoleh dukungan lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan Puskesmas.

 “ Tujuan khusus dari pelaksanaan mini lokakarya lintas sektor adalah dibahas dan dipecahkan secara bersama mengenai masalah dan hambatan yang di hadapi dan di peroleh dukungan rencana kegiatan puskesmas,” ungkap Musrifa. 

Dia menambahkan perkembangan Corona Virus atau Covid-19 di Kecamatan Weda saat ini sudah mulai stabil, meski di bulan Agustus ada yang terindikasi, tapi sudah ada yang ditangani dengan baik. 

“ Untuk saat ini masih melakukan isolasi mandiri serta petugas kesehatan pun juga tidak berhenti melakukan tracking atau penyelidikan Epidemiologi ke kontak erat dengan penderita,” tuturnya. 

Musrifa pada kesempatan itu memaparkan visi-misi Bupati Halmahera Tengah mengenai pelayanan Kesehatan secara merata, maka Puskesmas Weda membentuk Tim Desa binaan yang terdiri dari perawat dan bidan yang bertugas 4 hari di Desa, karena menyesuaikan situasi dan kondisi desa. 

 “ Kegiatan lintas sektor ini merupakan upaya bersama Puskesmas Weda dengan Pemerintah Kecamatan Weda untuk membahas mengenai peran lintas sektor untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas yang lebih baik,” kata Musrifa.

Di sisi lain Kepala UPTD Puskesmas Weda, Asniar Lukman, menyampaikan lintas sektor ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil cakupan program kesehatan yang di laksanakan di Desa yang ada di Kecamatan Weda.

"Jadi dalam tiap satu tahun itu kami dari Puskesmas Weda melaksanakan 4 kali lintas sektor untuk membahas permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat untuk capaiannya kunjungan balita, ibu hamil dan penyakit-penyakit yang ada di Masyarakat,” ungkap Asniar. 

Lanjut Asniar dari hasil lintas sektor ini, ternyata masih ada 2 (dua) indikator yang belum terpenuhi terkait dengan pertumbuhan balita dan pelayanan kesehatan balita. Sebab kunjungan ke Posyandu masih ada yang kurang di beberapa desa yang ada di Kecamatan Weda.  

" Masalah penderitaan penyakit DM hipertensi yang sudah terdeteksi, tetapi tidak minum obat teratur atau tidak melakukan pemeriksaan di Puskesmas secara teratur yang di lakukan oleh Puskesmas setiap bulan,” tutupnya. (dir/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini