Akibat Cuaca Buruk Sejumlah Pohon di Ternate Tumbang

Editor: Admin author photo

 

Pohon tumbang di Ternate akibat terpa angin kencang (foto/ist)

TERNATE - Angin kencang yang disertai hujan deras, pada Senin siang, 30 November 2020, mengakibatkan sejumlah pohon di jalan raya Kota Ternate tumbang.

Amatan nusantaratimur.com, di Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara, terdapat sebuah pohon pelidung jenis Akasia berukurang besar nampak roboh melintang diatas jalan raya. Akibatnya ruas jalan utama kelurahan setempat mengalami kemacetan panjang.

Baruntung insiden itu, tidak memakan korban, namun demikian, aliran listrik dan jaringan TV kaber di wilayah setempat macet total.

Atas kondisi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate mengimbau, warga selalu waspada dalam setiap aktifitas diluar rumah saat cuaca buruk.

"Kita minta agar warga berteduh dulu di rumah saat terjadi hujan dan kencang, nanti kalau situasinya sudah aman baru bisa melakukan aktifitas," ujar Kepala Pelaksana BPBD Ternate, M Arif Gani begitu disambangi, Senin 30 November 2020.

Selain itu, kata Arif, warga juga perlu mewaspadai  potensi terjdianya tanah longsor di daerah rawan bencana di wilayah kota Ternate.

BMKG stasion meteorologi kelas I Babullah Ternate memprediksi, peringatan dini cuaca ekstrem potensi curah hujan sedang-lebat di sertai petir dan angin kencang dalam tiga hari kedepan, masi terjadi diseluruh wilayah kabupaten kota di Maluku Utara.

"Potensi itu diperkirakan berlangsung pada pagi dan siang hari. Dan potensi gelobang terjadi hingga 2,0 meter di seluruh wilayah perairan maluku utara," ujar Prakiraan Cuaca, Fahmi Bachdar begitu dihubungi Nunasantaratimur.com. Minggu, 29 November 2020 kamarin.

Fahmi mengemukakan, kondisi cuaca iru, akibat adanya pertemuan massa udara atau konvergensi di wilayah maluku utara.

"Sehingga menyebabkan banyaknya pertumbuhan awan hujan atau awan cumulonimbus di wilayah ini," katanya. (Tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini