Fagogoru Spirit Perjuangan Menuju Halteng Yang Sejahtera

Editor: Admin author photo

 

Bupati Halteng Drs. Edi Langkara memimpin upacara HUT Pemkab Halteng ke 30
WEDA-  Pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintahan Kabupaten Halmahera Tengah Ke-30  Tahun 2020 yang berlangsung di lapangan Falcilno berlangsung Khidmat.

Dalam pelaksanaan HUT kali ini Pemkab Halteng mengusung tema “Kita Fagogoru”.Turut Hadir dalam upacara  HUT yang Ke 30 Kabupaten Halmahera Tengah yaitu Wakil Bupati Halteng Abd. Rahim Odeyani, Sekda Yanto M Asri, Kapolres AKBP Nico A Setiawan, para Asisten, Staf Ahli seluruh OPD Dan ASN yang ada di lingkup Pemkab Halteng. Sabtu (31/10).

Bupati Halteng Drs. Edi. Langkara. MH dalam pidatonya mengatakan momentum hari ulang tahun yang ke 30 ini. Di mana pelaksanaannya dirasakan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab saat ini bangsa dan negara kita bahkan dunia, dilanda wabah covid- 19 yang tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun berdampak pula pada aspek ekonomi sosial budaya dan aspek lainnya.

 "Karena itu, untuk mengantisipasi dampak tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah mengambil langkah-langkah kebijakan melalui penanganan dan pencegahan bidang kesehatan, bantuan sosial dan penguatan ekonomi produktif melalui Dinas Perindagkop, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata.” Ungkap Edi Langkara.

Sambung Edi, melalui peringatan Hari Ulang tahun yang ke 30 ini. “  Saya mengajak kepada kita semua untuk melakukan introspeksi, dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, seraya terus berdoa dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan semoga wabah covid-19 ini segera berakhir dan kita semua dapat beraktivitas sebagaimana biasa,”pungkasnya.

Dia menambahkan pada hari ini tanggal 31 Oktober 2020. Pada 30 tahun nan  silam, daerah ini resmi berdiri menjadi sebuah daerah otonom dengan ibu Kota Soasio ketika itu. Dan pada kesempatan ini kita bersama-sama merefleksikan kembali sejarah perubahan dan peradaban negeri fagogoru ini, dengan seraya memastikan agar tidak ada kelompok masyarakat yang terabaikan dalam proses dan pelayanan pembangunan. 

Karenanya, kata Bupati Halteng, tema dalam HUT Kabupaten kali ini adalah “KITA FAGOGORU”. tema tersebut memaknai filosofi Ngaku Rasai, Budi Re Bahasa, Sopan Hormat, Mitat Re Meymoe yang menjadi pilar terpenting dan tidak terpisahkan dalam derap langka kehidupan masyarakat Halmahera Tengah.

“ Fagogoru tidak sekedar menjadi simbol dan narasi lipstik belaka, melainkan memiliki nilai kultural, filosofi, sosiologis dan historis sekaligus spirit perjuangan yang perlu diaplikasikan dalam perilaku setiap mahluk sosial untuk membangun kesetaraan dan keadilan menuju Halmahera Tengah yang sejahtera dalam dimensi kemanusian yang beradab dibawa panji-panji Fagogoru Pulau Gebe, Weda dan Patani,” kata Edi.

Dia menjelaskan dalam semangat fagogoru dapat kita   sampaikan sejak awal pemerintahan Elang-Rahim yang dilantik pada tanggal 27 Desember 2017.  sejak itu pula Elang-Rahim menegaskan bahwa kepemimpinan Elang-Rahim akan melaksanakan tugas-tugas pemerintahan tanpa perbedaan atau dengan kata lain membangun Halmahera Tengah tanpa perbedaan. 

“ Hal ini penting kami tegaskan mengingat sejumlah kasus pemerintahan di beberapa daerah bahkan pada pemerintahan Halteng sebelumnya yang membangun dan atau melaksanakan tugas pemerintahan dengan bertumpuh pada faksi-faksi politik lokal, melayani  masyarakat dengan pilih kasih. Sesungguhnya secara sadar mereka telah melanggar sumpah jabatan, mendistorsi pembangunan, mendistorsi kesetaraan dan keadilan,” pungkas Edi. (dir)

Share:
Komentar

Berita Terkini