Gempa Bumi Berkekuatan 4,7 Magnitudo Guncang Labuha Halmahera Selatan

Editor: Admin author photo

 

Foto/BMKG

TERNATE - Gempa Bumi kembali mengguncang wilayah Halmahera Selatan, Maluku Utara pada Sabtu pagi, 21 November 2020. Pusat Gempa ini tercatat berada di daratan.

Analisa BMKG menunjukan, Gempa bumi ini terjadi dua kali. Pertama terjadi pada pukul 11.14 WIT dengan kekuatan 4,4 Magnitudo pada jarak 16 kilo meter Selatan Labuha di kedalaman 10 kilo meter. Sedangkan gempa kedua terjadi pada pukul 11:25:30 WIT dengan magnitudo 4,7 pada jarak 23 kilo meter Tenggara Labuha di kedalaman 10 kilo meter.

"Dan pada pukul 11:55 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukan juga terjadi aktivitas gempabumi susulan atau Aftershock sebanyak 1 kali dengan magnitudo 3,4," ujar Kepala BMKG Geofisika Ternate, Kustoro Haryatmoko di Ternate, Sabtu pagi waktu setempat.

Kustoro bilang, Gempa bumi yang terjadi itu, merupakan jenis Gempa bumi kedalaman dangkal akibat adanya aktivitas lokal di wilayah tersebut. 

"Berdasarkan laporan masyarakat, Gempabumi ini dirasakan oleh banyak orang di Labuha dengan intensitas II-III MMI," ucap Kustoro.

Hingga saat ini, kata Kustoro, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan Gempabumi tersebut, dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami.

Kustoro menghimbau, kepada masyarakat di wilayah Halmahera Selatan agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta smenghindari bangunan yang retak atau rusak akibatkan gempa tersebut.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," sambungnya. (Tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini