Jailan Sibela: Setiap Kepala Sekolah Wajib Memiliki NUKS

Editor: Admin author photo

  

Kegiatan Penguatan Kapasistas Kepala sekolah yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sula

SANANA- Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menggelar penguatan kapisitas kepala sekolah. Kegiatan itu, dilangsungkan  di Aula SD Negeri 6 Fagudu pada Rabu, 25 November 2020.

Gelaran kegiatan itu, dilaksanakan sejak Senin, 23 sampai dengan Jum'at 27 November 2020 yang di ikuti sebanyak 17 kepalah sekolah.

Kepala Bidang  Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dinas Pendidikan Jailan Sibela, mengatakan, pelaksana program penguatan kepala sekolah itu, berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

"Setiap kepala sekolah, wajib mengikuti kegiatan tersebut, sehingga para kepala sekolah mampu menguasai 5 kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah yakni, kompetensi managerial, kepribadian, kewirausahan, supervasi dan sosial", ujar Jailan kepada Nusantaratimur.com.

Jailan mengemukakan, peserta yang lulus dalam penguatan kapasitas kepala sekolah tersebut, akan mendapatkan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah atau NUKS.

Sertifikat NUKS tersebu, menurut Jailani, sebegai lisensi sang kepala sekolah untuk menadatangani Ijazah siswa dan adiminstrasi pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS. Sementara bagi kepala sekolah yang belum memiliki sertifikat NUKS maka tidak bisa mendatangan Ijazah siswa maupun pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS. Hal ini sesuai peraturan Kemendikbud Nomor 6 Tahun 2018. Dan nanti diberlakukan di tahun 2021.

"Peserta yang mengikuti penguatan kepala sekolah ini berjumlah 17 orang, ini sesuai dangan kouta yang ada, memang kouta kita agak terbatas, tetapi kami akan berupaya agar semua kepala sekolah di Kepulauan Sula bisa memiliki NUKS", ucapnya.

Jailan menambahkan, penguatan kepala sekolah tersebut,  bukan saja berlaku bagi para kepala sekolah yang semntara menjabat, namun hal demikian juga berlaku bagi mantan kepala sekolah.

"Karena ditekankan setiap kepala sekolah harus mampu mengimplementasikan lima kompetensi kepala sekolah dengan baik", tutupnya. (di/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini