Kepala DKP Halteng: Program Rumput Laut Perkembangannya Cukup Baik

Editor: Admin author photo

Kepala DKP Halteng, Mufti Murhum
WEDA- Program ekonomi produktif dampak COVID-19 tahap I Tahun 2020 di bidang perikanan menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Mufti Murhum, kepada wartawan nusantaratimur.com di ruang kerjanya, Senin (09/11/2020).

Mufti mengatakan salah satu kegiatan yang dilakukan DKP Halteng adalah program budidaya rumput laut dan target dari program ini, yakni untuk memproduksi bibit rumput laut. 

Karenanya, kata Mufti, di Kabupaten Halmahera Tengah satu tahun terakhir, untuk kegiatan rumput laut telah menurun. “ Jika  kalau itu ada kualitasnya yang menurun, maka  rumput laut ini kami kembangkan, sebab hal ini bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkapnya. 

Ramput laut
Ada pun 6 (enam) kegiatan yang dilaksanakan telah berjalan sesuai rencana dan progres cukup baik.

“ Jadi salah satunya adalah kegiatan budidaya rumput laut. Nah,  dari 4 kelompok yang dibantu, tiga  3 kelompok di antaranya telah menunjukkan hasil yang memuaskan. Hanya hasil panen pertama dan kedua telah dikembangkan lebih lanjut dalam rangka penambahan luas usaha budidaya dan penambahan kelompok baru,” tutur Mufti. 

Sementara satu kelompok belum menunjukkan hasil, karena terkendala faktor alam, musim ombak dan masih terus dibina oleh pendamping teknis perikanan. 

"Dalam waktu dekat staf dinas akan melakukan kunjungan ke lapangan/monev pelaksanaan kegiatan ini. Hal itu untuk  mendapatkan informasi yang lengkap, baik kendala pelaksanaan kegiatan, mencari solusi penyelesaian dan mengukur capaian masing-masing kegiatan lebih baik dan membuat rencana tindak lanjut kedepannya,” jelasnya.

Di sisi lain, Mufti berharap kelompok yang telah menerima bantuan agar dapat memanfaatkan sarana yang telah diberikan dengan baik. 

Agar supaya hasil usahanya dapat meningkatkan pendapatan yang pada akhirnya dapat mengurangi beban ekonomi di tengah dampak pandemi dampak COVID-19, kata Mufti. (dir/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini