Kodim 1512/Weda Di Resmikan, Ini Permintaan Pangdam

Editor: Admin author photo
Pangdam Saat Melakukan Peresmian Kodim 1512/Weda (foto:ist)


WEDA- Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman 

Kembali melakukan peresmian Kodim 1512/Weda. Pada Selasa 17 November 2020.


"Saya selaku Pangdam XVI/Pattimura dan pribadi mengucapkan Selamat atas peresmian Kodim 1512/Weda sekaligus menyampaikan Terima kasih kepada Danrem 152/Babullah beserta jajarannya dan Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah yang telah bekerjasama dengan baik dalam menyiapkan dan membangun Kodim 1512/Weda," ungkapnya. 


Lanjutnya mengatakan peresmian Kodim 1512/Weda dilaksanakan hari ini, menandai bertambahnya penggelaran kekuatan pertahanan di wilayah Kodam XVI/Pattimura.


"Ini merupakan kebutuhan dalam penyusunan strategis pertahanan aspek darat melalui berbagai pertimbangan dan evaluasi yang mendalam serta pengkajian secara cermat dan seksama terhadap berbagai aspek serta faktor yang mempengaruhi berbagai perkembangan lingkungan strategis yang dinamis, guna penataan organisasi di Lingkungan TNI Angkatan Darat dalam menjaga kedaulatan wilayah Republik Indonesia,” terang Pangdam dalam sambutannya.


Pangdam bilang Keberadaan Satgas Apter di Kodim 1505/ Tidore adalah cikal bakal terbentuknya Kodim 1512/Weda karena Weda sebelumnya merupakan wilayah tanggung jawab Kodim 1505/Tidore dan merupakan wilayah yang berbeda pulau, sehingga cukup menyulitkan Komando dan Pengendalian.


"Pembentukan dan keberadaan Kodim 1512/Weda sangat penting dan strategis untuk menjaga wilayah Halmahera Tengah dalam rangka mencegah terjadinya kerawanan dan menjamin tetap tegaknya kedaulatan negara dan keutuhan wilayah guna memberikan manfaat dalam menciptakan rasa aman dan damai serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah,”cetusnya .


Kehadiran Kodim 1512/Weda juga merupakan realisasi keinginan dan harapan masyarakat dan Pemerintah Daerah yang telah direstui oleh seluruh rakyat dan segenap komponen bangsa serta pemerintah sebagai salah satu bukti kepercayaan masyarakat terhadap TNI Angkatan Darat khususnya Kodam XVl/Pattimura.


"Saya berpesan kepada segenap anggota Kodim 1512/Weda agar menjaga dan memelihara kepercayaan ini dengan sebaik-baiknya melalui koordinasi, kerjasama dan komunikasi yang intensif, terpadu dan sinergis dengan aparat Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat dalam menciptakan stabilitas wilayah yang kondusif. Hal ini penting dilakukan karena kehidupan dan kondisi di wilayah kita sangat membutuhkan stabilitas keamanan yang terjaga dan terpelihara, agar program pembangunan di wilayah dapat berjalan dengan baik,” Imbuhnya. 


"Sebagai satuan yang baru diresmikan, tentunya dalam penataan satuan akan dihadapkan pada berbagai permasalahan yang tidak sederhana. Di sisi Iain, sebagai suatu organisasi, tentu dituntut untuk mampu menggerakkan roda organisasi dengan baik. Oleh karena itu, segenap warga Kodim 1512/Weda harus memiliki kepedulian yang tinggi dan berupaya menjadikan satuan ini, sebagai satuan yang mampu menjalankan peran, fungsi dan tugas yang dipercayakan pimpinan maupun masyarakat dengan sebaik-baiknya serta terus meningkatkan pembangunan kualitas sumber daya prajurit yang memiliki profesionalisme yang tinggi," sambung Pangdam. 


"Semangat kebersamaan dan kekeluargaan harus senantiasa dibangun dan diimplementasikan secara terus-menerus, sehingga permasalahan yang ada dapat ditangani dengan baik. Berbagai keterbatasan yang ada, jangan dijadikan sebagai kendala atau hambatan dalam melaksanakan tugas, tetapi justru harus dijadikan sebagai tantangan dan peluang,” pintanya. 


Lebih lanjut ia memerintahkan untuk kepada Kodim tersebut segera menyesuaikan diri dengan lingkungan wilayah tugas yang ada, pahami adat istiadat dan kehidupan masyarakat di wilayah ini serta wujudkan terus kemanunggalan TNI dan rakyat. Sebagaimana visi saya yaitu. Satukan kekuatan untuk meraih sukses demi terwujudnya Maluku dan Maluku Utara yang aman, damai dan sejahtera terutama Kabupaten Halmahera Tengah.


"saya sekali Iagi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan segenap masyarakat yang telah mendukung dan memberikan kontribusi positif, maupun bantuan dan kerjasama yang baik selama pembangunan Kodim 1512/Weda beserta fasilitasnya," tutupnya. (Red-tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini