Memajukan Haltim Jadi Komitmen Utama Bagi Paslon Monas

Editor: Admin author photo
Pasangan calon Bupati dan wakil bupati Haltim Moh. Abdu Nasar dan Aziz Ajarat

MABA – Meski memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut), dikategorikan kabupaten termiskin dari 10 kabupaten/kota di Malut. Dengan demikian, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur nomor urut 03, Moh Abdu Nazar dan Aziz Ajarat (Monas) memiliki tujuan memajukan Haltim untuk keluar dari ketertinggalan tersebut.

Calon Bupati Haltim nomor urut 03, Moh Abdu Nazar mengatakan di usai 17 tahun dan memiliki SDA yang melimpah, seharusnya Haltim tidak masuk kategori daerah miskin. Namun karena sejumlah daerah masih terisolir, karena tidak ada pemerataan pembangunan maka predikat daerah miskin masih melekat ke Haltim.

“Saya dan pak Aziz maju di Halmahera Timur hanya satu tujuan memanjukan Halmahera Timur kedepan, kita hanya ingin memberikan keadilan pemerataan pembangunan, yang selama ini kita belum menikmati secara baik,” kata Abdu saat berkampanye Buli, Kecamatan Maba, Sabtu (14/11/2020).

Abdu mengaku, masyarakat Maba jika ke Ternate kini langsung naik ke mobil dan menuju bandara antar lintas Sofifi dengan aman dan nyaman. Akan tetapi, sebagian masyarakat Haltim terutama di Kecamatan Maba Utara dan Wasile Utara, harus bersusah payah bahkan nyawa menjadi taruhan karena hanya melalui jalur laut.  

“Mungkin saudara-saudara yang tinggal di Bula mau ke Ternata, tinggal naik mobil. Tapi di Maba Utara dan Wasile Utara disana saudara-saudara kita kalau mau ke Ternate, harus gulung kaki celana karena akses jalan sangat belum memadai,” jelasnya.

Jika di tanggal 9 Desember nanti pasangan Monas memenangkan pertarungan, maka warga Haltim yang selama ini belum menikmati mulusnya jalan, bakal segera menikmati sama halnya warga Haltim lain. Sebab, pasang Monas mengusung program membangun secara merata tanpa pilih kasih.

“Kami akan berdiri diatas semua golongan, kami akan berdiri diatas semua suku, kami akan berdiri diatas semua agama, dana kami meratakan pembangunan yang ada di Halmahera Timur, ini janji kami kepada masyarakat,” tegasnya.

Khusus Buli, Abdu mengaku jika masyarakat mempercayakan dirinya bersama Aziz Ajarat memimpin Haltim untuk periode 2020-2025, maka Buli harus dibangun lebih bagus lagi. Buli merupakan gerbang Haltim yang perlu mendapat pelayanan maksimal.

“Buli saya tahu persis pintu gerbangnya Halmahera Timur, karena lewat Buli inilah kita ke bandara, maka Buli harus dibangun,” cetusnya.

Tak hanya itu, pada kesempatan yang sama pasangan Monas juga berjanji bakal mendorong percepatan pembangunan pabrik feronikel milik PT Antam, agar masyarakat Haltim bisa menikmati. 

“Saya dan pak Aziz akan mempercepat penyelesaian pembangunan feronikel di Buli oleh Antam, supaya masyarakat Halmahera Timur bisa merasakan pembangunan, kita tidak perlu lagi membawa tanah kita ke luar, kita bangun di sini (Buli), supaya tanahnya tidak keluar dari Halmahera Timur, hasilnya saja yang keluar, tenaga kerja kita rekrut dari sini. Pemerintah harus hadir, tidak bisa meninggalkan berjalan begitu saja, pemerintah harus hadir supaya pembangunan bisa cepat,” pungkasnya. (Tim/red)


Share:
Komentar

Berita Terkini