Paslon Monas Bakal Alihkan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan dan Desa

Editor: Admin author photo
Calon Bupati Haltim Moh. Abdu Nasar saat berkampanye di hadapan ribuan pendukung dan simpatisannya

MABA – Jika selama ini masyarakat selalu disusah dalam pelayanan administrasi kependudukan karena harus ke ibu kota kabupaten yang tentu merogoh kocek biaya cukup besar. Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) nomor urut 03, Moh Abdu Nazar dan Aziz Ajarat (Monas) bakal mengubah kebiasaan itu demi meringankan beban masyarakat dalam mendapat pelayanan publik.

Pelayanan administrasi kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran dan Akta Kematian yang terpusat di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Dukcapil). Jika memimpin Haltim 2020-2025, paslon Monas bakal menjadikan pelayanan administrasi kependudukan yang mudah dan terjangkau, dengan mengalihkan kewenangan ke Camat dan Kepala Desa.

Calon Bupati Haltim nomor urut 03, Moh Abdu Nasar mengaku meski Haltim memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, tetapi tergolong kabupaten yang termiskin di Maluku Utara (Malut). Maka selaku pemerintah, tidak harus menyusahkan masyarakat terutama dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan.

“Saya dan pak Aziz akan menyerahkan kewenangan pengurusan KTP, KK dan KIA ke Camat. Sementara pengurusan Akta Kelahiran dan Akta Kematian ke Desa,” kata Abdu kepada masyarakat Kecamatan Maba Selatan saat kampanye di Desa Bicoli, Kamis (12/11).

Dengan begitu, maka masyarakat akan mendapat pelayanan yang prima dan prosesnya cukup cepat dibandingkan terfokus di ibu kota kabupaten. 

“Biar masyarakat ke kecamatan saja untuk KTP. Urusan akte kelahiran dan akte kematian, kami akan serahkan kewenangan itu ke kepala desa, supaya cukup ke kantor desa saja kalau buat akta lahir dan kematian,” tutur Abdu Nasar.

Menurut Abdu, selama ini masyarakat selalu susah dengan urusan di pemerintahan, maka urusan pemerintahan harus dikembalikan ke masyarakat.     

“Selama ini kita susah dengan urusan pemerintahan, tetapi urusan pemerintahan itu dikembalikan ke masyarakat, maka masyarakat tidak susah,” tegasnya.

Rencana tersebut bakal tercapai, jika masyarakat Haltim bersatu mendukung dan mencoblos nomor urut 03 pada momentum Pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang.

“Bapak/ibu memiliki kesempatan lima tahun sekali saja untuk memilih seorang pemimpin, 9 Desember merupakan momentum masyarakat, apakah kita tetap begini atau mau perubahan? Untuk itu Monas hadir untuk merubab Halmahera Timur yang lebih baik. 

“ Mari sama-sama dengan Monas nomor 03 untuk Halmahera Timur,” pungkasnya. (Tim)


Share:
Komentar

Berita Terkini