Paslon MS-SM dan Rakyat Desa Todoli Teken Pakta Integritas

Editor: Admin author photo

 

Calon Bupati Taliabu, H. Muhaimin Syarif didampingi Calon Wakil Bupati Syafrudin Mohalisi saat menandatangani fakta integritas bersama masyarakat Desa Todoli

TALIABU - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati kabupaten Pulau taliabu, H. Muhaimin Syarif dan Syafruddin Mohalisi berkomitmen menutaskan problem mendasar Masyarakat desa Todoli, kecamatan Lede. 

Hal tersebut, dibuktikan dengan penandatangan kesepatan bersama antara masyarakat dan pasangan berakronim MS-SM pada agenda kampanye putaran ke dua di Desa setempat, Senin, (30/11/2020).

"Dengan mengucapkan bismillah hirahmanirrahim saya H. Muhaimin syarif sebagai calon Bupati dan Syafruddin Mohalissi sebagai calon wakil bupati Taliabu dengan ini menyatakan, berjanji dan berkomitmen menyetujui dan menandatangani pakta integritas yang di sodorkan oleh masyarakat desa todoli,"  ucap Ade ucu sapaan akrab dari H. Muhaimin Syarif ini sembari menandatangani pakta integritas yang di saksikan oleh ketua lembaga adat dan ratusan warga Desa Todoli.

Menariknya, Ade Ucu yang di kenal sederhana dan peduli terhadap masyarakat ini, menambahkan satu poin dalam kesepakatan tersebut. "kamong (kalian) minta torang (kami) laksanakan 6 point ini, tapi saya akan tambahkan satu hal lagi, yakni ketika kami terpilih kami akan memekarkan Todoli menjadi kecamatan di pulau Taliabu, kenapa demikian karena nama saya sebagaimana yang ada di Asmaul husna Al-Muhaimin berada di urutan ke tujuh," katanya.

 "Kami telah menandatangani pakta integritas, yang selain di saksikan oleh seluruh masyarakat, kesepakatan ini juga di saksikan oleh Allah SWT, sehingga kami berharap warga mendoakan kami untuk selalu sehat agar janji ini nanti di realisasikan dan tentu sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dalam Negara kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Ketua Lembaga Adat desa Todoli, Karim Siotu mengatakan, poin dari pakta integritas kesepakatan itu,  adalah harapan besar warga todoli untuk di selesaikan.

"kami yakin dan sangat percaya bahwa Bapak Muhaimin Syarif dan Syafruddin Mohalissi adalah pemimpin yang tepat untuk menyelesaikan masalah warga yang selama ini tak bisa di selesaikan atau di laksanakan oleh Kepemimpinam sebelumnya," ujar Karim saat disambangi usai kampanye.

Sebab itu kata Karim, warga sangat berharap agar paslon MS-SM dapat melaksanakan kesepakatan itu, jika terpilih sebagai bupati. 

Berikut  6 poin kesepakatan

  1. Kami akan mengurus dan menuntaskan masalah ganti rugi lahan dampak perusahaan PT. ADT yang berada di air fangung, air samada, air tiung, air parang, dan penggusuran ruas jalan Todoli-Tikong serta penggusuran kebun masyarakat di Main Gate.
  2. Kami akan mengupayakan pembebasan lahan perkebunan masyarakat yang ada di zona merah untuk di kembalikan sepenuhnya kepada pemilik kebun masyarakat. 
  3. Kami akan menyelesaikan pembangunan mesjid Nurul Huda desa todoli.
  4. Kami akan memprioritaskan masyarakat lingkar tambang dalam hal ini masyarakat desa Todoli agar mudah masuk bekerja sebagai karyawan PT. Adidaya tangguh.
  5. Kami akan mengupayakan pembangunan asrama mahasiswa tmTodoli di kota Kuwuk oleh PT. ADT yang beroperasi di pulau Taliabu.
  6. Kami akan bersinergi dengan pusat lembaga adat yang ada di desa Todoli Kecamatan Lede.

Share:
Komentar

Berita Terkini