Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Haltim Jadi Prioritas Palson Monas

Editor: Admin author photo

Calon Bupati Haltim, Moh. Abdu Nasar saat berkampanye dihadapan ribuan pendukung dan simpatisannya di Desa Bicoli

MABA – Meski usia Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) sudah 17 tahun, namun pembangunan infrastruktur masih terkesan pilih kasih. Terbukti, selama ini sebagian besar masyarakat Haltim belum menikmati akses jalan yang memadai dan akses jaringan telekomunikasi.  

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Haltim nomor urut 03, Moh Abdu Nazar dan Aziz Ajarat (Monas) telah menjadikan pemerataan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu program prioritas pembangunan daerah. Akses jalan pada sejumlah ruas tersebar di Haltim, ditargetkan dalam jangka waktu pendek untuk dituntaskan.

“Percepatan infrastruktur wilayah sebagai penunjang pengembangan ekonomi lokal serta pemberdayaan melalui kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat. Mari kita tuntaskan pembangunan jalan,” ungkap Abdu saat berkampanye di Desa Bicoli Kecamatan Maba Selatan, Kamis (12/11).   

Sejumlah ruas jalan yang menjadi prioritas paslon Monas yakni, ruas jalan Kecamatan Maba Tengah menuju Maba Utara, Maba-Gotowasi Kecamatan Maba Selatan, ruas jalan Wasile Timur menuju Wasile Tengah serta menuju Kecamatan Wasile Utara.

“Monas hadir untuk mengubah Halmahera Timur yang lebih baik. Ke depan kami membangun Halmahera Timur secara merata,” tegasnya.

Sedangkan untuk jaringan telekomunikasi, Paslon Monas mengusung program yang dinamakan Haltim Bebas Komunikasi. Monas akan mengembangkan dan memperluas pelayanan jaringan komunikasi dan informasi melalui pembangunan sarana dan prasarana telekomunikasi dan informasi.

Tak hanya itu, alokasi anggaran juga diberlakukan adil bagi 10 kecamatan di Haltim, tujuannya agar seluruh masyatakat Haltim mendapat pelayanan yang sama tanpa dibedakan.

“APBD akan dibagi 50 persen untuk dibangun Wasile dan 50 persen untuk Maba,” jelasnya. 

Sementara itu, Calon Wakil Bupati Haltim 03, Aziz Ajarat mengaku pendidikan dan kesehatan juga menjadi program inovasi prioritas pembangunan Haltim. Paslon Monas menawarkan program baru berupa pendidikan yang dibutuhkan daerah.

“Kami akan berikan beaasiswa di bidang kesehatan, sehingga masyarakat bisa menikmati pendidikan dan kesehatan lebih baik. Kalau ada anggaran kita berikan behasiswa menjadi dokter, biar orang Halmahera juga ada dokter karena daerah ini punya potensi,” kata Aziz.

Pengadaan dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan, berupa peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga medis dan paramedis pada fasilitas pelayanan kesehatan dilakukan secara merata dan berkelanjutan.

“Saya menangani kesehatan, karena nikmat terbesar yang diberikan Allah adalah nikmat kesehatan. Nikmat kesehatan kalau tidak dijaga, apa arti seorang bupati, apa arti seorang jenderal, kaya dan pejabat tidak ada artinya sama sekali,” cetusnya.

Paslon Monas juga mengusung empat program lain menjadi prioritas diantaranya, program di bidang pertanian, perikanan, pariwisata serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM). (Tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini