12 Calon Formatur Rebut Kursi DPW PAN Maluku Utara

Editor: Admin author photo
Bendera PAN (Istimewa)
TERNATE - Musyawarah Wilayah (Muswil) V Partai Persatuan Amanat Nasional Provinsi Maluku Utara bakal berlangsung panas. Pasalnya muswil yang akan digelar 28 Desember 2020 mendatang itu diramaikan 12 nama bakal calon formatur.

Belasan bakal calon tim formatur ini telah melewati seluruh tahapan penjaringan yang dibuka Steering Committee (SC) selama sepekan di mulai dari pengumuman pendaftaran 15-16 Desember 2020, Pendaftaran dan pengambilan serta pengembalian formulir 16-18, verifikasi berkas 18-19, penyampaian nama calon formatur ke DPW  PAN Malut 20 Desember 2020.

Ketua SC Muswil, Salamat Kardi menengatakan, 12 nama bakal calon formatur  ini telah disampaikan kepada DPW  untuk diusulkan ke DPP PAN. 

"Jadi 12 nama calon formatur ini telah kita sampaikan ke DPW dan selanjutnya akan ditindaklanjuti ke DPP,” ujar Ketua SC Salamat Kardi saat disambangi Nusantaratimur di Kantor DPW PAN Malut, Selasa (22/12/2020).

Salamat Kardi bilang, setelah DPW menindaklanjuti 12 nama bakal calon formatur ke DPP PAN, maka DPP akan melakukan penjaringan untuk ditetapkan atau disetujui sebagai calon formatur.

"12 nama yang kita sampaikan ke DPW itu nanti diserahkan ke DPP, setelah itu DPP menetapkan calon formatur, jika DPP misalnya menetapkan ada 4 calon formatur atau boleh kurang dari 4  atau lebih tergantung keputusan DPP. maka selanjutnya calon formatur yang ditetapkan itu akan dibawa ke forum muswil," jelasnya.

Namun demikian, kata Ketua SC Muswil ini sesuai mekanisme sebagaimana diatur dalam peraturan partai,  jika formatur yang ditetapkan oleh DPP itu lebih dari 4,  maka peserta muswil akan memilih calon formatur misalnya lebih dari 4 sampai 5 dan seterusnya.

"Untuk peserta Muswil sebagaimana diatur dalam AD/ART  Partai, maka peserta muswil terdiri dari satu unsur DPP, Pengurus Harian DPW, Penasehat DPW, Ketua dan Sekretaris DPD Se-Malut dan Ketua DPC PAN Se-Malut," terangnya.

Tetapi, jika DPP menetapkan calon formatur itu lebih dari 4 sampai 5 dan seterusnya, maka di dalam PP atau AD/ART menyebutkan peserta muswil itu memilih calon,  misalnya ada 6 orang calon formatur. Nah, suara peraih terbanyak 1 sampai 4 ditetapkan sebagai formatur, namun peraih suara terbanyak tidak menjadi ketua formatur atau DPW, karena 4 formatur yang dipilih tadi kemudian ditambah 1 unsur formatur dari DPP kemudian bermusyawah mufakat menentukan siapa menjadi ketua.

Dia menambahkan apabila formatur kurang atau hanya 4 nama, maka 4 nama itu seluruhnya menjadi calon formatur. 

"Jadi kalau cuma 4 atau kurang dari 4, maka ditetapkan sebagai calon formatur, tanpa ditetapkan melalui mekanime pemilihan, karena itu sudah diatur dalam mekanisme AD/ART dan Peraturan Partai," tutupnya. 

Berikut 12 nama bursa bakal calon formatur DPW PAN Provinsi Maluku Utara, yakni H. Abdul Madjid Husen (Ketua DPW PAN Malut), Jamrud Hi. Wahab (Sekwil PAN Malut), H. Muslim Mustafa (Bendahara DPW), Sahrin Hamid (Kaders PAN), Kasman Hi. Ahmad (Pengurus Harian DPW PAN), Salamat Kardi (Ketua POK), Iskandar Idrus (Anggota DPRD Malut), Ratna Namsa (Wakil Ketua DPRD Kota Tikep), Ridwan Achmad (Ketua DPD PAN Kota Tikep), Rajak Idrus (Ketua DPD PAN Taliabu), Muhlas Djafar (Ketua DPD PAN Kepsul), dan Nurkholis Rustam (Pengurus Harian DPW PAN Malut). (Ir/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini