Bawaslu Kota Ternate Sebut Keterlibatan ASN di Pilkada Cukup Tinggi

Editor: Admin author photo

Kordiv PHL Bawaslu Kota Ternate, Rusli Saraha. 
TERNATE - Bawaslu Kota Ternate mencatat tingkat keterlibatan Aparatur Pengawai Sipil (ASN) dalam praktik politik praktis di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate sangat tinggi dengan presentase diatas 70 persen.

Hal itu dikemukan Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kota Ternate, Rusli Saraha bahwa tingkat keterlibatan ASN pilkada tahun ini sangat tinggi dibandingakan dengan Pilkda tahun sebelumnya.

"Tingkat keterlibatan ASN sejauh ini mencapai 70 persen yang artinya tingkat pelanggran praktik politik praktis sangat signifikan, baik temuan Bawaslu maupun laporan masyarakat," ungkap Rusli Saraha kepada wartawan di Ternate, Selasa 22 Desember 2020.

Lanjut Rusli, di Pikada Kota Ternate hampir semua pasangan calon ditemukan ada keterlibatan ASN kecuali paslon nomor urut 04 (YAMIN-ADA) saja yang tidak ditemui. 

"Kalau untuk Paslon MAJU, TULUS dan MHB-GAS. Dari ketiga paslon ini berdasarkan data Bawaslu Kota Ternate paling dominan adalah Paslon MHB-GASS," bebernya.

Kordiv PHL Bawaslu Kota Ternate ini mengatakan, di tahun ini sangat banyak pelanggaran yang terima pihaknya, tetapi dari semua pelanggaran itu sudah di tindak lanjuti sesuai dengan mekanisme.

"Untuk ASN penanganan pelanggarannya sudah direkomendasikan ke Komisi Apartur Sipil Negara (KASN) dan instansi terkait lainnya," tandasnya.

"Proses Pilkada kali ini menjadi bahan evaluasi besar bagi pihak penyelengara dan pengawasan agar meningkatkan pelaksanaan pada proses pemilaha umum berikutnya, tutupnya. (alfian/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini