Dinilai Tak Netral, Aliansi Peduli Demokrasi Demo Bawaslu dan KPU Kepsul

Editor: Admin author photo
Massa aksi saat melakukan unjuk rasa di Kantor KPU Kepulauan Sula (Dok: di)

SANANA- Puluhan massa Aksi yang tergabung dalam Aliansi Peduli Demokrasi Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di wilayah sempat  tidaklah netral pada gelaran pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Pasalnya menurut mereka, dua lembaga tersebut tidak dapat menyelesaikan temuan pelanggaran pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS)  di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Sula.

Arman menyatakan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Senin (14/12/2020) kemarin,  secara terang-terang dan mengeluarkan rekomendasi di 6 TPS agar segera dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Enam TPS tersebut diantaranya, TPS 01 di Desa Waitulia, Kemudian, TPS 1,2,3,4 dan 5 di Desa Mangoli, Kecamatan Mangoli Tengah," teriak Arman.

Ia bilang, karena rekomendasi Bawaslu tidak ditindak lanjuti maka pelanggaran Pilkada di Sula akan dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. " Kami akan laporkan masalah ini ke DKPP,"   tegas Arman.

Arman pun mendesak, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DPKPP) untuk mengevaluasi kinerja Bawaslu dan KPU Kepsul. Sebab, kata Ia, pelanggaran tersebut dinilai terjadi secara terstruktur dan masif. Seperti  pelanggaran di TPS 1 Desa Waitulia dan TPS 1,2,3,4 dan 5.

Sebab itu lanjut Ia, pelanggaran tersebut ada permainan antara KPU dan penyelenggara ditingkat kecamatan dan desa dalam rangka memenangkan salah satu pasangan calon.

"Karena kami temukan KPU arahkan salah satu pemilih disabilitas memilih salah satu paslon,"terangnya.

Padahal sambung Arman, KPU itu merupakan harapan bagi seluruh warga Kepulauan Sula. 

"Namun ada komisioner KPU bermain disalah satu Paslon secara terstruktur, padahal kita semua punya harapan agar KPU netral, kalau seperti ini KPU sengaja merusak demokrasi di sula," tutupnya. (di/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini