DKPP Berhentikan Ketua KPU dan Bawaslu Halmahera Selatan

Editor: Admin author photo

 

Logo DKPP 

HALSEL - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi pemberhentian  kepada Ketua dan 1 angotan KPUD serta Ketua dan 1 angkota Bawaslu Halmahera Selatan dalam sidang kode etik penyelenggara pemilu pada agenda pembacaan putusan terhadap perkara nomor 161-PKE-DKPP/XI/2020 .

Sidang yang dipimpin anggota DKPP, Dr. Ida Budhiati dan anggota majelis,  Prof. Teguh Prasetyo dan Dr. Alfitra Salam itu memutuskan 11 poin yang berlangsung di Ruang Sidang DKPP, Jakarta Pusat.  Selasa, 8 Desember 2020.

Dalam amar putusan yang kantongi Nusantratimur.com  menyebutkan, mengabulkan pengaduan pengadu untuk sebagian, menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada teradu I Darmin Hasyim selaku Ketua KPU Kabupaten Halmahera Selatan sejak Putusan ini dibacakan, menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan kepada Teradu V Yaret Colling selaku Anggota KPU Kabupaten Halmahera Selatan sejak Putusan ini dibacakan;

Menjatuhkan sanksi peringatan keras kepada teradu II Muhammad Agus Umar, teradu III Rusna Ahmad, teradu IV Khalid A. Rajak, masing-masing sebagai Anggota KPU Kabupaten Halmahera Selatan sejak putusan ini dibacakan, memerintahkan kepada teradu I s.d teradu V untuk membatalkan dukungan PKPI Kabupaten Halmahera Selatan terhadap Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Usman Sidik dan Hasan Ali Bassam Kasuba pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan Tahun 2020 sebelum tanggal 9 Desember 2020 dan melaporkan pelaksanaannya kepada KPU dan DKPP.

Selanjutnya, menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan ketua kepada Teradu VI Kahar Yasim selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan sejak Putusan ini dibacakan, menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa kepada Teradu VII Asman Jamel selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan sejak Putusan ini dibacakan.

Menjatuhkan sanksi peringatan keras kepada teradu VIII Rais Kahar selaku Anggota Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan sejak Putusan ini dibacakan, merehabilitasi nama baik teradu IX Arif Budiman, Teradu X Ilham Saputra, Teradu XI Hasyim Asy’ari, teradu XII Pramono Ubaid Tanthowi, teradu XIII Viryan Aziz, teradu XIV I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi masing-masing sebagai Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum sejak Putusan ini dibacakan.

Selain itu, dalam amar putusan itu juga, memerintahkan Komisi Pemilihan Umum untuk melaksanakan Putusan ini sepanjang terhadap ketentuan angka 2, 3, dan 4 dalam amar putusan ini sejak Putusan ini dibacakan serta memerintahkan Bawaslu Provinsi Maluku Utara untuk melaksanakan Putusan ini sepanjang untuk Teradu VI, Teradu VII, Teradu VIII sejak Putusan ini dibacakan;

Memerintahkan Badan Pengawas Pemilihan Umum untuk mengawasi pelaksanaan Putusan ini. (Red-tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini