Hasil Pleno KPU Kota Ternate Tauhid-Jasri Kandaskan MHB GAS

Editor: Admin author photo
Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Ternate dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate Tahun 2020

TERNATE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate menetapkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ternate M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman sebagai  peraih suara terbanyak  di Pilwako Ternate.

Hal tersebut  berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate yang tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 116/PL.02.6-kpt/8271/Kota/XII/2020  tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate 2020.

Di mana jagoan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan  NasDem ini mendulang suara sebanyak 28.022 suara. Disusul paslon nomor urut 3 M. Hasan Bay dan M. Asgar Saleh (MHB-GAS) kandas di posisi kedua dengan perolehan suara 26.307.

Sementara jagoan PDI Perjuangan paslon nomor urut 1 Merlisa Marsaoly dan Juhdi Taslim (MAJU) memperoleh 19.942 suara. Sedangkan paslon nomor urut 4 Mohammad Yamin Tawari dan Abdullah Tahir (YAMIN-ADA) memperoleh 18.980 suara.

Nah, akumulasi perolehan suara ke 4 paslon itu suara sah sebanyak 93.251 dan suara tidak sah 1.239 dari total suara yang dipakai 94.490. Sementara terdapat 22.544 tidak memberikan hak suara atau Golput. 

Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Ternate pada Pilkada serentak berjumlah 117.120.

Berdasarkan pantauan nusantaratimur.com pada pleno KPU Kota Ternate itu berlangsung sejak tanggal 15-16 Desember di Sahid Bela Hotel berjalan aman dan lancar, meski menuai perdebatan antara saksi paslon.

Kendati saksi dari paslon 01, 03 dan 04 tidak menanda tangani berita acara dan sertifikat. Tetapi menurut Ketua KPU Kota Ternate M. Zen Karim hasil pleno tersebut tetap dianggap sah, singkatnya.

Mengenai tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Ternate 2020. M. Zen Karim menyatakan  dari tahun kemarin sampai sekarang memang ada peningkatan, tapi pihaknya belum mengecek angkanya menembus berapa persen, pungkasnya. (tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini