IKAPERIK Bakal Kawal Ketat Program LIN di Maluku Utara

Editor: Admin author photo
Ketua Alumni IKAPERIK Malut, Yusmar Ohorella

WEDA - Ikatan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan atau Ikaperik Maluku Utara (Malut) akan  mengawal secara ketat program Lumbung ikan Nasional (LIN) di wilayah Provinsi Maluku Utara pada 2021 mendatang, mulai dari Pra sampai dengan Pasca.

Hal tersebut ditegaskan, Ketua Ikaperik Malut Yusman Oherela dalam rilis yang terima Nusantaratimur.com, Jumat, 4 Drsember 2020.

Yusman menegaskan, dalam mensuksekan program LIN tersebut,  Dinas Kelautan dan perikanan Maluku Utara, harus melibatkan perguruan tinggi khususnya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, stakeholder yang bergerak dibidang yang sama dan  perlu melakukan konsolidasi dijajaran dinas Perikanan Kabupaten Kota di Maluku Utara.

"Jika kesemuanya ini dilakukan maka tujuan utama program Lumbung Ikan Nasional,  akan tercapai dan jika ini tidak dilakukan, maka kami Ikaperik akan melakukan konsolidasi besar - besaran dengan seluruh stakeholder untuk melakukan hearing sekaligus aksi dikantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara," tegasnya.

Namun demikian, Yusman Bilang, kabar kunjungan perdana keplada Dinas Kelautan dan Perikanan Malut, M. Buyung Radjiloen ke 5 Kecamatan di Kabupaten Halmahera Timur itu adalah langkah maju dalam menyerap aspirasi sekaligus melihat potensi kelautan dan perikanan di wilayah tersebut.

 "Langkah ini dilakukan dalam rangka menambah referensi bagi DKP Maluku Utara untuk penguatan dokumen lumbung ikan nasional," katanya.

Meski begitu, Yusman meminta agar kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan tidak hanya melakukan kunjungan kerja terfokus di Halmahera Timur. Namun juga diagendakan ke Kabupaten Kota yang lain di wilayah Maluku Utara.

 "Sehingga program Lumbung Ikan Nasional (LIN) ini, hasilnya  tercapai. Terutama dalam mendorong dan meningkatkan pendapatan para nelayan lokal di Maluku Utara dengan baik," tutupnya. (Dir)

Share:
Komentar

Berita Terkini