Kecamatan Mangoli Tengah, Bawaslu Rekomendasi PSU di 6 TPS

Editor: Admin author photo

 


Iwan Duwila (Ketua Bawaslu Kepulauan Sula)

SANANA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  merekomendasikan Perhitungan Suara Ulang (PSU) di enam (6) TPS di Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Rekomendasi PSU yang dikeluarkan Bawaslu setempat, yakni lima TPS di Desa Mangole dan satu TPS di Desa Waitulia.

"Sesuai dengan hasil telusuran, pengkajian dan penelitian yang kami lakukan. Kenapa sampai kami memberanikan diri untuk mengeluarkan rekomendasi PSU, karena bagi kami ini memenuhi syarat PSU sesuai dengan undang-undang nomor 10 pasal 112 pada poin e, ketika pemilih yang tidak punya hak pilih melakukan pencoblosan lebih dari satu orang itu kemudian bisa direkomendasikan untuk PSU", jelas Ketua Bawaslu, Iwan Duwila saat jumpa pers, Senin (14/12/2020).

Iwan menuturkan, kasus pelanggaran ini kami temukan di Desa Mangole itu di semua TPS dan di Desa Waitulia itu hanya satu TPS dan memiliki problem yang sama.

"Orang yang posisi sebagai pendamping yang seharusnya mendampingi orang sakit dia tidak bisa memberikan suara atau tidak melakukan pencoblosan tapi cukup hanya mendampingi saja. Nah, kasus yang terjadi ini orang yang  dikategorikan sebagai distabilitas ini dan ada yang kemudian karena strok atau tidak bisa jalan, namun orang-orang ini tidak didatangi oleh petugas KPPS akan tetapi diarahkan untuk masyarakatnya yang posisinya untuk datang sendiri ke TPS untuk melakukan pencoblosan", beber Iwan.

Iwan menyebut hal ini berdasarkan penelusuran dan pengkajian kami sehingga kami memutuskan di Desa Mangole dan Desa Waitulia memang layak untuk di PSU kan.

"Karena bukan saja terjadi di satu TPS tapi di semua TPS. Dan jumlahnya bukan hanya 1 tapi ada yang 8, ada yang 7 dan ada yang 6, ini yang menurut kami sangat berpengaruh kalau kita bicara soal demokrasi yang baik di Sula", tandasnya. (di)


Share:
Komentar

Berita Terkini