Panwascam Ternate Tengah Pastikan Data Pilwako Tidak Bermasalah

Editor: Admin author photo
Pose Bersama Usai Rakor
TERNATE - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Ternate Utara memastikan data hasil pengawasan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate tahun 2020 tidak bermasalah. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panwascam Kota Ternate Utara Putri Nurdiana Jailan, saat memberikan sambutan sekaligus membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Konsolidasi Data Hasil Pengawasan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate, di Dapur So Rasa, Rabu (24/12/20).

Putri mengatakan, tujuan dilaksanakan Rakor Konsolidasi Data itu, adalah untuk menyamakan persepsi terkait  data-data pengawasan yang dilaporkan secara berjenjang oleh Pengawas TPS dan  Pengawas Kelurahan. Pengawasan tersebut pada seluruh tahapan pilkada terutama pengawasan pada tahapan pungut hitung.

"Melalui konsolidasi ini diharapkan ada output yang nyata berupa data-data yang sudah melalui penyempurnaan, melalui laporan tahapan berjenjang baik dari tingkat bawah sampai pada tingkat panwascam," jelasnya.

Anggota Panwascam Ternate Utara Divisi PHL Revelyno M. Hitiahubessy mengungkapkan, melalui Rakor Konsolidasi data hasil pengawasan yang menghadirkan 14 anggota Pengawas Kelurahan, PTPS dan Pimpinan Bawaslu Kota Ternate dari Divisi PHL itu, diharapkan bisa memberikan referensi dalam hal  penyempurnaan data-data hasil pengawasan pada tahapan pemilihan terutama tahapan pemungutan dan penghitungan suara. 

"Dan juga untuk menganalisis jenis-jenis pelanggaran sebagai bentuk ikhtiar kita pada pengawasan pilkada ke depan nanti," ucapnya.

Ia juga mengucapan terimakasih dan apresiasi yang kepada jajaran Panwascam Kota Ternate Utara, pengawas kelurahan dan PTPS yang telah mendukung Panwascam dalam menjalankan tugas secara baik.

"Sehingga proses Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate di Kecamatan Kota Ternate Utara berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," tandasnya.

Terpisah Komisioner Bawaslu Kota Ternate Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Rusly Saraha berharap, Pengawas Kelurahan dapat mendukung Panwascam dengan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh Panwascam.

"Kawan-kawan Panwascam buat laporan harus ada data dari bawah, dari PPL dan PTPS. PPL bertanggungjawab pada PTPS," jelasnya. 

Rusly mengingatkan kepada jajaran Panwascam agar dalam memberikan kesaksian nanti di Mahkamah Konstitusi (MK) tidak ada mobilisasi oleh Tim Paslon.

"Diingatkan oleh Bawaslu RI, jangan sampai ada  jajaran tingkat bawah memberi kesaksian di MK karena difasilitasi oleh Paslon, jangan seperti itu, kita harus tetap menjaga integritas kita sebagai penyelenggara," tutupnya.(Alfian)

Share:
Komentar

Berita Terkini