PERADIN Soroti Walikota Ternate Jadi Pengacara

Editor: Admin author photo
Walikota Ternate Burhan Abdurahman 

TERNATE -Koordinator Wilayah Indonesia Timur Persatuan Advokat Indonesia (PERADIN) Fadli Tuanane, menyoroti Pengambilan sumpah janji Profesi Advokat Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman.

Burhan Abdurahman diketahui telah resmi ditetapkan sebagai pengacara setelah mengikuti Pengambilan sumpah janji Advokat yang diselenggarakan oleh DPC Perhimpunan Advokat Indonesia ( PERADI) Maluku Utara pagi tadi, Selasa 15 Dsember di Pengadilan Tinggi (PT) Sofifi, Maluku Utara.

Fadli mengemukakan, Burhan Abdurahman, sebelum disumpah mestinya terlebih dahulu menggundurkan diri dari jabatan Wali Kota sebagai pejabat negara. Hal tersebut sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tentang Advokat.

"Dia (Walikota) tidak bisa disumpah sebagai Advokat karena dalam Undang-undang Nomor 18 Tahun 2003 itu syaratnya pejabat publik harus mengundurkan diri dari jabatannya dan tidak ada cerita adanya surat pernyataan bahwa dia (Walikota) tidak akan praktek atau beracara. Tidak ada redaksi seperti itu dalam pasal-pasal undang-undang nomor 18 tersebut," ujar Fadli begitu dihubungi nusantaratimur.com di Ternate, Selasa sore.

 "Makanya kalaupun mereka melakukan penyumpaan terhadap dia (Wlikota) mereka memahaminya bagaimana dan dengan cara bagaimana? serta menerjemahkan bagaimana?," tanya Fadli

Fadli menegaskan tidak ada terjemahan dalam undang-undang Advokat bahwa pejabat publik didaulat sebagai pengacara sebelum mengundurkan diri dari jabatanya.

"Pengambilan sumpah itu setelah tidak memegang jabatan publik atau mundur diri secara tertulis bukan penyataan untuk tidak melakukan praktek, itu tidak ada peraturan dalam undang-undang," tegas lelaki yang akrab disapa Fastu ini.

Dengan demikian Fadli Bilang, pengambilan sumpah janji advokat itu cacat hukum dan harus dibatalkan berita acarah sumpah tersebut.

Terpisah, Kepala Bagian Humas Setda Kota Ternate Syaiful Arsyad, ketika dikonfirmasi mengenai pengunduran Burhan Abdurhman dari jabatan Walikota Ternate, pihaknya mengaku belum dapatkan informasi penguduran diri Wakota Ternate Burhan Abdurahman tersebut.

"Saya belum dapat informasi itu," singkatnya saat di hubungi, Selasa sore. 

Sementara Ketua DPC PERADI Maluku Utara, Muhammad Konoras ketika dikonfirmasi melalui via WhatsApp mengenai pengambilan disumpah Walikota Ternate Burhan Abdurahman menjadi advokat hingga saat ini belum memberikan tanggapan terkait pemberitaan ini. (Tim/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini