Puskesmas Weda dan Pemerintah Kecamatan Gelar Lokakarya Mini Lintas sektor

Editor: Admin author photo
K
kegiatan Lokakarya Mini Lintas sektor  2020 (Foto: Dir)
WEDA - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Weda bersama Pemerintah Kecamatan Weda menggelar  kegiatan Lokakarya Mini Lintas sektor  2020.

Kepala UPTD Puskesmas Weda Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Asniar Luknan mengatakan, Kegiatan lokakarya lintas sektor itu dalam rangka mengevaluasi capaian hasil kegiatan Puskesmas pada tahun 2020.

"Jadi hasil capaian kegiatan Puskesmas Weda 2020 ini cukup baik, karena kerjasama antara Puskesmas dengan Desa-Desa yang ada di Kecamatan Weda itu selalu terlaksana," ujar Asniar saat memberikan sambutan, Rabu, (23/12/2020).

Menurutnya kegiatan yang demikian, telah di laksanakan sebayak empat kali. Itu sesuai dengan perencanaan."Karna suda diatur dalam Permenkes 44 tahun 2016 sesuai dengan manajemen Puskesmas dan itu harus empat kali kegiatan," ungakapnya.

Sebab itu, Asniar harap, kedepan ada usulan-usulan dari Desa di wilayah setempat, agar kegiatan yang di lakukan oleh Puskesmas terkait permasalahan kesehatan Desa tersebut didukungan dari Dana Desa (DD). 

"Dan Alhamdulillah selama di tahun 2020 semua terealisasi dan tetap ada saja penganggaran yang di keluarkan melalui DD terkait dengan stik-stik kesehatan dan pemberian makan kesehatan," terangnya.

Asniar bilang, pada 2021 mendatang Puskesmas juga akan fokus terhadap Dana Alokasi Khusu (DAK) untuk penanganan stunting. 

"Jadi kami juga memint kepada Desa untuk penganggaran terkait dengan penanganan Stanting," katanya.

Sekertaris Camat Kecamatan Weda, Polilo Hi Suud mengatakan, secara umum tujuan lokakarya mini lintas sektor tersebut untuk mengkaji hasil kegiatan kerja sama anatara Puskesmas dan Pemerintah kecamatan. 

Oleh karena Polilo berharap,  peserta yang mengikuti kegiatan tersebut agar mendukung setiap kegiatan-kegiatan Puskesmas. 

"Karna kesehatan warga adalah tanggung jawab bersama lintas sektor meskipun penanganan di lakukan oleh Puskesmas," tandasnya.

Polilo juga berpesan kepada petugas Puskesmas agar terus bersemangat dalam bertugas untuk meningkatkan mutu pelayanan pada masyarakat. (Dir)

Share:
Komentar

Berita Terkini