Waduh! Anak Dibawa Umur Ikut Mencoblos di Pilkada Taliabu

Editor: Admin author photo

 

Budiman L. Mayabubun

TALIABU - Ketua Bapilu DPC PDI Perjuangan Pulau Taliabu, Budiman L. Mayabubun menyatakan pihaknya menemukan adanya pemilih dibawa umur yang ikut mencoblos pada Pilkada Kabupaten Pulau Taliabu pada 9 Desember 2020 lalu.

Masalah itu ditemukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 Desa Fayaunana, Kecamatan Tabona, Kabupaten setempat. 

"Ini cukup miris, dari laporan yang saya terima, ditemukan anak baru berumur 9 tahun atau anak dibawa umur ikut memilih dengan menggunakan KTP-eL di desa Fayaunana, Kecamatan Tabona. Masa kelahiran di tahun 2011 sudah bisa mendapatkan KTP-eL? Ini kan naif," ujar Budiman di Taliabu, Sabtu, (12/12/2020).

Budiman menilai temuan itu diduga kuat telah diseting oleh lembaga-lembaga terkait secara Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM). 

"Ini fakta bahwa ditemukan pemilih di TPS 1 Desa Fayaunana. Kuat dugaan ini TSM untuk memenangkan salah satu pasangan calon. Dugaan kami cukup beralasan karena menjelang pencoblosan hingga jam 12 malam menjelang H-1 Suket dan KTP-eL begitu tinggi dikeluarkan dinas terkait," katanya.

Dengan demikian kata Budiman, gelaran Pilkada di Desa Fayaunana tersebut cacat secara hukum. Maka harus dilakukan Pemungutan Ulang (PU).

"Indikasi ini bukan hanya di Fayaunana, ada banyak kecurangan lainnya. Jadi ini cacat, maka harus dilakukan pemungutan ulang di TPS tersebut," tandasnya. (Ari/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini