Bermaksud Konfirmasi, Kepala BPN Halut 'Menyuruh' Wartawan ke Laut

Editor: Admin author photo

Tangkapan Layar Pesan Singkat Aplikasi WhatsApp (Istimewa)
TOBELO - Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Ikram Abd Haris, menunjukan sikap tak terpuji dan diduga melecehkan profesi wartawan.

Pasalnya, saat dihubungi wartawan Harian Mata Publik, Al Ashar, dengan maksud mengkonfirmasi berita terkait kuota prona di Halut di tahun 2021 itu, malah menyuruh wartawan tersebut ke laut.

Padahal upaya konfirmasi wartawan ini disampaikan secara santun sesuai kaidah tugas jurnalistik.

"Assalammualikum, pak kaban, Maaf ini dengan Al, Watawan..saya ada minta pak kaban p nomor dari tamang wartawan willi, jaringan parah pak," tulis Watawan melalui pesan singkat aplikasi WhatsAap, Rabu, (13/1/21).

"Sy buka kaban,” Jawab  Kepala Kantor BPN Halut.

"oh trus?" tanya wartawan.

"Belok kiri" balas Kepala Kantor BPN Halut.

"Belok kiri kemana?" wartawan bertanya.

"ke laut aja" jawab  Kepala Kantor BPN Halut.

Tangkapan Layar Percakapan Wartawan Dan Kepala BPN Halut (Istimewa)
Karena khawatir, nomor kontak milik Kepala Kantor BPN Halut yang diperoleh dari rekan wartawan media Kontras bernama Wiliam Wekes itu salah, Al Ashar kemudian menghubungi Wiliam menyangkan kepemilikan nomor kontak tersebut, dan memintanya memastikan.

"Dan Wili bilang memang benar itu nomor kontak kepala BPN Halut Ikram Abd Haris," kata Al mengutip penyataan rekanya.

Ketua PWI Halut, Rachman Baba mengaku, sangat menyesalkan sikap kepala BPN Halut, Ikram Abd Haris tersebut. karena tidak memahami etika komuikasi sebagai pejabat publik.

"Pejabat publik seperti ini wajib di evaluasi oleh pimpinan dalam hal ini Kakanwil BPN Provinsi Malut," tegasnya.

Rachman bilang, wartawan itu merupakan sosial kontrol yang di lindungi oleh undang-undang dalam melakukan tugas Jurnalistik, maka harus dihargai bukan dilecehkan.

"Apalagi  insan pers adalah mitra pemerintah yang mempunyai peran besar dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat berkaitan dengan keberhasilan capaian program yang telah dilaksanakan,"tandasnya.

Penulis: Rustam Gawa
Editor   : Tim

Share:
Komentar

Berita Terkini