Gempa 7,1 Guncang Sulut Terasa Hingga Maluku Utara Tidak Berpotensi Tsunami

Editor: Admin author photo
Ilustrasi Gemapbumi (Istimewa)
TERNATE - Gempa tektonik menguncang laut Filipina pada kamis malam, 21 Januari 2021 sekitar  pukul 21.21 WIT. Analisa BMKG menunjukan gempabumi tersebut memiliki parameter update  dengan kekuatan magnitudo  7,0.

Episenter gempa ini terletak pada koordinat 4,94 LU dan 127,44 BT atau berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 119 km.

"Gempa ini merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Filipina. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( Thrust Fault )," ujar Kepala Stasiun Geofisika Ternate Andri Wijaya Bidang di Ternate, Kamis malam.

Ia bilang dampak dari gempa ini, dirasakan di daerah Melonguane, Tahuna, Ondong , Manado, Bitung , Galela , Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera ,Ternate, Sofifi dan Halmahera Tengah.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Dan Hasil pemodelan menunjukkan gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami," katanya.

Andri menghimbau, masyarakat  tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan  gempa tersebut.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tandasnya.

Penulis : Irawan Lila
Editor   : Tim

Share:
Komentar

Berita Terkini