Gubernur Harap IKAPERIK Unkhair Ikut Memajukan Industri Perikanan di Malut

Editor: Admin author photo

Musyawarah IKAPERIK Unkhair Ternate (dok. Humas Pemprov Malut)
TERNATE - Ikatan Alumni Perikanan dan Ilmu Kelautan (IKAPERIK) Unkhair Ternate menggelar Musyawarah ke-II. Kegiatan yang berlangsung di  Sahid Bela Hotel tesebut di buka langsung Gubernur Maluku Utara melalui Sekretaris Daerah Samsuddin A. Kadir, Ternate. (23/01/21).

Kami sangat mengapresiasi  pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya memajukan industri Perikanan dan Kelautan di Maluku Utara," ujar Sekretaris Daerah Samsuddin A. Kadir membacakan sambutan Gubernur Malut,

Samsuddin mengatakan,  Maluku Utara sebagai salah satu daerah Kepulauan memiliki kekayaan alam Perikanan dan Kelautan yang melimpah. Baik itu sumber daya hayati dan potensi lainnya. Untuk kata Ia, harus dimanfaatkan secara maksimal agar bermanfaat bagi masyarakat  Maluku Utara.

Apalagi menurut Ia, Maluku Utara saat ini sudah masuk dalam salah satu wilayah dari 3 wilayah pengelolaan perikanan Negara dan di tetapkan sebagai kawasan Pembangunan Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang menjadi prioritas pembangunan .

"Maluku Utara dipilih menjadi wilayah pengembangan LIN karena memiliki potensi perikanan yang mencapai 4 juta ton pada 3 Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia," tukasnya.

Meski demikin lanjut  Samsuddin,  dalam pembangunan LIN tersebut,  perlu mengedepankan jaminan akses untuk nelayan lokal. Kerna ditakutkan justru hal itu  hanya akan memberikan keuntungan bagi investor asing yang berpotensi mengeksploitasi SDA Maluku Utara itu.

"Nelayan lokal harus dijamin masih bisa mengakses sumber daya ikan meski banyak muncul penanaman modal asing di Maluku Utara," ungkapnya.

Diakhir sambutan, Samsudiddin bilang,  Gubernur sangat berharap pelaksanaan kegiatan tersebut, dapat memberikan kontribusi positif bagi Pembangunan Daerah, khususnya Bidang Perikanan dan Kelautan di Maluku Utara

Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Drs. Samsuddin A. Kadir, Plt Dirjen Perikanan Tangkap Dr. Ir. Muhammad Zaini, MM, Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, M.Si, Plt. Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku Utara Abdullah Assagaf, S.Pi, Wakil Rektor I Dr. Suratman Sujud, Kepala Biro Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Rahwan K. Suamba, SS, Dekan Fakultan Perikanan dan Ilmu Kelautan Unkhair Dr. Janib Ahmad, Kadis Perikanan dan Kelautan Tidore Kepulauan Hamid Abd. Latif, Kadis Perikanan Halmahera Tengah Mufti serta seluruh Alumni Perikanan dan Ilmu Kelautan Unkhair Ternate. (Tim)*

Share:
Komentar

Berita Terkini