Hadapi HT-Umar di MK KPU Kepsul Buka 23 Kotak Suara

Editor: Admin author photo
Pembongkaran Kotak Surat Suara (dok.Suhardi/NT)
SANANA - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) kembali membuka 23 kotak surat suara dari 23 TPS yang tersebar pada  9 Kecamatan Kota setempat pada Senin, 25 Januari 2021 kemarin.

Pembokaran kotak itu dalam rangka penyiapan dokumen mengahadapi sidang gugatan paslon HT-Umar terkait  perselisihan hasil pemilihan umum (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jadi dokumen yang dimbil itu hanya formulir C hasil KWK sementara formolir D hasil KWK tidak diambil karena sudah berdasarkan hasil foto di PPK kemarin,"ujar Plt. Ketua KPU Kepsul, Ifan Sulabesi Buamona saat dikonfirmasi senin pagi.

Menurut Ifan , pembongkaran kota suara tersebut berdasarkan perintah KPU RI dalam surat edaran yang tersebar ke KPUD Kabupaten kota dan Provinsi. Kegiatan ini disaksikan oleh Bawaslu dan pihak Kepolisian.

"Pembukaan kotak ini juga melalui hasil diskusi kami dengan teman-teman Bawaslu yang ada di Jakarta,"katanya.

Pantauan Nusantaratimur.com di lokasi, pembukaan kota suara itu berlangsung tampa ada keterlibatan saksi dari masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sula.

Meski demikian, kata Ifan, momen pembukaan kota surat suara kali ini terdapat dokumen yang sifatnya sangat rahasia.

"Sehingga tidak bisa di dokumentasikan (oleh pihak terkait) Jadi mohon di maklumi," tandasnya.

Sebagai Informasi, 23 Kotak suara yang dibuka tersebut diantaranya, Desa Mangon TPS 03 dan 08, Waibau TPS 01 dan 02, Fagudu TPS 03, Falahu TPS 03, Fogi TPS 03 dan 08, Umaloya TPS 02 dan Desa Pastina TPS 01.

Kemudian Desa Fokalit TPS 01, Soamole TPS 02, Waigoiyofa TPS 01, Waisepa TPS 01, Fatkauyon TPS 01, Waigai TPS 02, Capalulu TPS 01, Kaporo TPS 01, Buya TPS 01 dan 03,Falabisahaya TPS 03 dan TPS 05 serta Desa Modapuhi TPS 01.

Penulis: Suhardi Umagapi
Editor  : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini