NU dan IKA PMII Dirikan Universitas di Maluku Utara

Editor: Admin author photo

Ilustrasi Universitas (Istimewa)
TERNATE - Pengurus Wilayah NU dan Generasi Muda Ikatan Alumni Pergerkan Mahasiswa Islam Indonesia atau IKA PMII Maluku Utara berinisiatif mendirikan Universitas Nahdatul Ulama di Provinsi Maluku Utara.

Rencana pembangunan kampus tersebut kini telah dikonsepkan melalui tim penyusun yang beranggotakan 9 orang. Tim ini di ketuai Muh. Nasir S. Tamalene.

Kampus yang diberinama Universitas Nahdatul Ulama Maluku Utara atau UNUTARA itu bakal diawali dengan 3 Fakultas dan 10 Progam Studi (Prodi).

"Fakultas itu antara lain Ilmu Pendidikan, Teknik Perencanaan serta Sains dan Kesehatan," ujar ketua Tim penyusun Muh. Nasir S. Tamalene di Ternate, Sabtu, (23/1/21).

Sementata 10 program studi yang dicanangkan tersebut, diantaranya Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota  (Klanologi), Teknik Pengairan, Farmasi, Ilmu Pariwisata, Olahraga Murni, Biologi, Kimia, Tehnologi Kelautan, IPA dan IPS.

Nasir bilang, untuk fasilitas kampus, pihaknya masih menggunakan gedung Graha IKA PMII Maluku Utara di Kelurahan Tanah Tinggi, Ternate Tengah. Tempat itu dijadikan sebagai gedung Rektorat UNUTARA sementara.

"Kalau tenaga pendidik sesuai syaratnya 5 orang per prodi itu sudah terpenuhi," ucap Nasir.

Sedangkan ruang kulia dari kampus tersebut, sambung Nasir, bakal menggunakan gedung SMP Islam kota Ternate dengan durasi kontrak selama 3 tahun.

"Kalau berjalan tiga tahun ini dan sudah ada gedung kami akan pindah, dan pindah sesuai dengan target 10 program studi," tandasnya.

Penulis : Adinan Ajud
Editor   : Tim

Share:
Komentar

Berita Terkini