Wisata Pulau Maitara Dongrak PAD Kota Tikep

Editor: Admin author photo
Wisata Maitara (Istimewa)
TIDORE - Wisata Pantai Pulau Maitara terbilang mampu mendongkrat  Pedapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tidore. Pasalnya wisata yang baru dikembangkan di tahun 2020 itu, kini telah meraup keuntungan hingga mencapai  Rp.100 juta pertahun. 

Tahun-tahun sebelumnya destinasi wisata ini hanya mampu menyumbangkan PAD Kota Tidore sebesar Rp.8 juta dalam satu tahun.

"Setelah adanya pengembangan wisata ini, PAD Kota Tikep khususnya di pariwisata itu sudah mencapai Rp. 100 juta dalam satu tahun," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kota Tidore, Yakub Husain di Tidore, Rabu, (21/1/21).

Sebab itu Yakub mengaku, Pemkot akan membangun dan mengembangan potensi parawisata Pulau Maitra tersebut, karena dipercaya akan terus mendatangkan PAD untuk Tikep kedepanya.

"Jika dulunya kita sering tarik menarik soal pengembangan wisata Maitara, maka kedepan sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak mau membangun Maitara, karena saat ini regulasinya juga sudah ada,” katanya.

 Ia bilang, wisata di pulau mungil  itu bukan lagi kebutuan Kota Tidore Kepulauan semata , melainkan sudah menjadi kebutuhan Nasional khususnya wilayah Indonesia  Timur.

"Karena itu kami akan melakukan kunjungan ke pulau maitara untuk menginventarisir semua  kebutuhan  yang masih kurang untuk diselesaikan pada tahun 2022," ucapnya.

Setelah dilakukan inventarisir kata Yagub,  pihaknya akan melakukan telaa kemudian disampaikan ke Walikota dan Wakil Walikota agar dijadikan dasar pengembangan kedepanya. Dengan begitu, sambung Ia, di tahun 2022, rencana kerja (Renja) dari setiap Instansi terkait, programnya sudah termuat.

"Dan masalah yang paling krusial di Pulau Maitara adalah persoalan sampah, sebab itu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tikep sudah harus turut berpikir dan menyelesaikan masalah tersebut," tambahnya.

Penulis : Aidar Salasa
Editor   : Tim

Share:
Komentar

Berita Terkini