ASBI Desak Polda Malut Adili Oknum Polisi Represif di Halsel

Editor: Admin author photo
ASBI-MALUT saat menggelar aksi demonstrasi di Ditreskrumum Polda Malut (dok.Adinan/NT) 
TERNATE - Aliansi Soma Bersatu Indonesia Provinsi Maluku Utara atau ASBI-MALUT menggelar aksi di kantor Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku Utara, Rabu (17/02/21). 

Aksi yang di mitori kurang lebih 30 orang itu, menuntun Polda Maluku Utara segara manangkap dan mengadili oknum anggota polisi yang diduga melakukan tindakan represif pada masyarakat Marabose Kabupaten Halmahera Selatan.

"Aksi hari ini adalah tindak lanjut dari kasus dugaan penganiyaan, represif, keangkuhan dan kezoliman yang terjadi di Polres Kabupaten Halmahera Selatan yang melibatkan beberapa oknum kepolisian," ujar Kordinator aksi Mudafar Hi. Din kepada Nusantaratimur.com.

Menurutnya, tindakan tidak terpuji itu mengakibakan korban babak belur hingga pecah dibagian pelipis. Padahal kata Ia, dari dua korban ini satu  diantranya merupakan anak di bawah umur atau masih berusia 14 tahun.

"Hal ini menunjukan oknum polisi itu tidak memahami tugas dan fungsinya, juga tidak memahami undang-undang perlindungan anak," tegasnya.

Mudafar bilang, dugaan penganiayan itu berlangsung didalam tahanan sel Polres Halmahera Selatan. Persoalan yang mestinya di selesaikan secara hukum itu malah terbalik, lantaran oknum polisi main hakim sendiri menghajar para korban tersebut.

"Korban ini selain dari masyarakat marabose, mereka juga adalah suku Makian Soma yang itu sangat menyinggung perasaan kami orang Soma secara umum," ungkapnya.

Sementara Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Malut yang di wakili Kordinator Bawah Kendali Operasi (BKO),Iptu. A. Taufik Saumima di hadapan  masa aksi mengaku, tutuntun yang disuarakan itu direspon baik oleh pihaknya.

"Kami akan sampaikan tuntutan kalian kepada Direktur Reskrimum Polda Maluku Utara berhubung beliau sementara ada kesibukan di luar dan tuntutan ini kami terima," tandasnya.

Penulis : Adinan Ajud
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini