Kapal JS. Elcano Akan Berlabu di Malut

Editor: Admin author photo
Foto Rapat bersama pemprov malut dengan dubes spanyol (foto:ist) 

Sofifi, 14/02/21,- Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Mr. Jose Maria Matras Manso didampingi atase keamanan dan atase bidang perdagangan melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara dalam rangka persiapan kedatangan kapal latih Spanyol, Juan Sebastian Elcano dalam konteks perayaan 500 tahun mengelilingi dunia oleh Magellan dan Elcano. Duta besar tersebut dijemput gubernur Maluku Utara Kh Abdul Gani Kasuba Lc dan Sekretaris Daerah provinsi Maluku Utara Samsudin Abd Kadir di Bandara Babullah, Ternate.

Usai diterima gubernur, Dubes melakukan pertemuan resmi dengan pemerintah provinsi Maluku Utara di kediaman Gubernur Ex Crisan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah dan dampingi Kepala Dinas Pariwisata, Tahmid Wahab, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Anggaran Daerah Ahmad Purbaya, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Imam Machdy Hasan dan Kepala Biro Protokol, Kerjasama dan Komunikasi publik Rahwan K Suamba dan Bobato Kesultanan Ternate. 

Dalam pertemuan itu Duta Besar Spanyol menjelaskan tujuan kunjungan kerja dimana pada tanggal 27 Maret 2021 mendatang akan berlabuh kapal latih Spanyol, Juan Sebastian Elcano di perairan antara Ternate dan Tidore. Kapal tersebut telah memulai pelayanan dari Spanyol sejak bulan Oktober 2020 lalu dan diprediksikan akan tiba di Maluku Utara pada tanggal 27 Maret 2021. Perjalanan ini merupakan bentuk penguatan hubungan bangsa spanyol dan Indonesia yang pernah terjadi sekitar 500 tahun lalu di Maluku Utara.

Sementara, Sekretaris daerah dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa Maluku Utara jauh hari menyiapkan agenda Sail Todire dalam rangka menyambut perjalanan kapal Magellain namun karena saat itu telah terjadi wabah pandemic covid 19 sehingga perjalanan tersebut tidak terlaksana. Namun saat ini, pemerintah Spanyol tetap konsisten untuk melakukan pelayaran kembali dengan melepas perjalanan kapal elcano yang tujuannya akan sampai di Maluku utara.

Oleh karena itu, atas nama pemerintah daerah, ia menyambut baik rencana kedatangan kapal dengan akan mempersiapkan beberapa permintaan Dubes seperti penempatan lokasi penjangkaran kapal, lokasi pameran budaya dan teknis penjemputan kapal.

Ia berharap dengan adanya kedatangan kapal tersebut akan dapat memberi pendidikan sejarah dan kebudayaan tentang perjalanan masa lalu bangsa spanyol di Maluku Utara dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Selama dua hari, Dubes Spanyol melakukan pertemuan dengan pemda kota Ternate dan pemda kota Tidore Kepulauan untuk mematangkan kedatangan kapal Juan Sebastian Elcano di Maluku Utara.(red/hms) 

Share:
Komentar

Berita Terkini