Resmob Tangkap 3 Pemuda Spesialis Pencuri HP di Ternate

Editor: Admin author photo

Konferensi Pers Pengungkapan Kasus Pencurian di Termate (dok.Alfian/NT)
TERNATE - Reserse Mobile (Resmob) Serigala Utara Polsek Ternate Utara berhasil meringkus tiga pemuda spesialis pencurian barang elektronik di wilayah hukum Kota Ternate, Maluku Utara.

Ketiga pemuda itu masing-masing berinisial SB  alias Oman (25 tahun), NT alias Pokes (31 tahun) dan KB alias Komar (32 tahun).

Kapolsek Ternate Utara IPTU Joni Aryanto menceritakan, pengungkapan kasus itu bermulah dari tindak lanjut laporan polisi yang diadukan seorang warga bernisial WA ke sektor Utara pada 20 Januari 2021, terkait kehilangan dua unit handphone (HP) merk Xiaomi warna hitam dan Vivo warna putih di sekretariat panwascam Kelurahan Sangaji, Ternate Utara.

"Kemudian saya langsung perintahkan kepada anggota Resmob untuk melakukan penyelidikan terkait dengan kasus pencurian ini," ujar Joni saat menggelar konferensi pers di Polsek Ternate Utara, Selasa (2/2/21).

Tim Unit Resmob kemudian mendatangi beberapa Conter Hanpone di Kota Ternate, pada Sabtu, (30/1). Dari hasil pernyidikan itu kata Joni, petugas menemukan satu unit Hp merek Xiaomi note 8 pro di salah satu Conter di Kelurahan Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan. setelah dilakukan pengecekan Email Hanpone tersebut, hasilnya cocok dengan laporan polisi.

"Dari situ petugas kemudian melakukan interogasi dengan pemilik Conter, ternyata Hp itu di titipkan oleh tersangka Oman untuk membuka kode dari Hp tersebut dan akan mengambil kembali pada pukul 21:00 WIT sesuai dengan waktu yang di janjikan tersangka," ucapnya.

Tak menunggu lama, sambung Joni,  tersangka mendatangi conter guna mengambil kembali hp yang sudah di titipkan itu. Dengan begitu anggota Resmob langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka.

"Saat anggota melakukan introgasi terhadap tersangka Oman, tersangka mengaku Ia dan dua rekannya itu yang melakukan perncurian barang elektronik ini secara bersama," katanya.

Dari situ, anggota Resmob melakukan pengembangan dalam jangka waktu tiga hari dan berhasil mengamankan dua orang rekan Oman yakni, Pokes dan Komar. Para tersesangka ini diamankan di salah satu kontrakan yang beralamat di Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate.

"Hasil pengembangan terhadap tiga orang tersangka ini, mengaku melakukan pencurian dalam satu bulan terakhir di beberapa Kelurahan Ternate Tengah dan Ternate Utara, dengan cara mendatangi kantor dan rumah warga di malam hari pada pukul 02:00 WIT," tuturnya.

Joni menyatakan, modus operasi yang di lakukan ketiga tersangka ini dengan peranya masing-masing. Saat melancarkan aksi pencurian, tersangka Pokes masuk ke dalam rumah melalui jendela yang sudah dirusaki merusaki menggunakan obeng, lalu tersangka Oman dan Komar memantau situasi di luar Tempat Kejadian Perkara atai TKP.

"Dan dari hasil pengembangan ini, anggota berhasil mengamankan 16 buah unit hp bermacam merek, 3 buah unit laptop dan 2 unit Camera," tandasnya

Atas perbuatan ini, ketiga tersangka di jerat dengan pasal 363 ayat  1 3e, 4e, dan 5e, Subsider pasal 362 Jo pasal 64 ayat 1 KUHPidana. Dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Penulis : Alfian Hatari
Editor   : Redaksi

Share:
Komentar

Berita Terkini